PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI TEKNIK BRAINWRITING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Andik Riyanto, V. Teguh Suharto, Aris Wuryantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menerapkan pendekatan kontekstual melalui teknik brainwriting pada siswa Kelas IV SD Negeri 1 Cepoko. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian keterampilan menulis siswa IV SD Negeri Cepoko Ponorogo dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis puisi yang diukur melalui empat aspek yaitu, ketepatan tema dan makna, gaya bahasa, diksi, dan rima. Sebelum penelitian didapatkan nilai rata-rata kelas 68 di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Pada siklus I, nilai rata-rata menjadi 75. Didapatkan 59% atau 19 siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Akan tetapi persentase ini belum memenuhi indikator pencapaian, yaitu 75% atau 24 siswa memperoleh nilai di atas KKM. Pada Siklus II, rata-rata nilai menulis puisi siswa naik menjadi 84. Dari 32 siswa, 27 siswa atau 84% telah mencapai nilai ketuntasan minimal. Dapat disimpulkan, target 75% siswa mendapat nilai ketuntasan minimal dapat tercapai. Dengan demikian, penerapan pendekatan kontekstual melalui teknik brainwriting dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa Kelas IV SD Negeri 1 Cepoko Ponorogo.


References


Azizah, A. 2015. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memanfaatkan Pendekatan kontekstual melalui teknik brainwriting pada Peserta Didik SD/MI Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2): 136-140.

Hersiana, H. 2015. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Media Gambar di Kelas III SDN 2 Bilo Kecamatan Ogodeide. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(11): 130-137.

Johnson, E. B. 2014. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar- Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna (Terjemahan Ibnu Setiawan).Bandung: Kaifa.

Michalko, M. 2004. Permainan Berpikir (Thinkertoys). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Pradopo, R. D. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implimentasi Pembelajaran Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Roekhan. 1991. Menulis Kreatif. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh (YA3) Malang.

Solihah, L. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri Rancaloa Kota Bandung. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1): 15-24.

Sulastri, M. 2015. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis Puisi dan Prosa Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, hal. 251-262.

Suprijono, A. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, H. J. 2003. Apresiasi Puisi: Panduan untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Pustaka Utama.

Wilson, C. 2013. Brainstorming and Beyond: A User-centered Design Method. United Kingdom: MK Morgan Kaufmann.

Wiriaatmadja, R. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wulandari S.O. , Suharto, T. V. 2015. Analisis Sarana Retorika dalam Kumpulan Puisi Efrosina karya Cecep Syamsul Hari dan Implementasinya pada Pembelajaran Puisi di SMP Negeri 2 Maospati Kabupaten Magetan. Widyabastra, 03(02): 87:92


Refbacks

  • There are currently no refbacks.