PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIELD-TRIP MENGGUNAKAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH AL HIKAM TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

Eka Kustrianawati, Dwi Setiyadi, Aris Wuryantoro

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan masih dilakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode ceramah dan tanpa media pembelajaran.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan  dan menganalisis pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Field Trip menggunakan media realia pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Al Hikam Geger Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas V dengan penerapan model pembelajaran Field Trip menggunakan media realia di Madrasah Ibtidaiyyah Al Hikam Geger Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020, 3) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Field Trip menggunakan media realia dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Al Hikam Geger Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data dari penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis Deskripsi di kelas V MI Al Hikam Geger Madiun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, perhitungan sederhana dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan metode field trip dengan menggunakan media realia di kelas V MI Al Hikam dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan karyawisata, pelaksanaan karyawisata dan tindak lanjut, 2) Penerapan model pembelajaran Field Trip pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada pokok bahasan menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al Hikam Kecamatan Geger Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/ 2020, 3) kelebihan metode field trip diantaranya mampu meningkatkan hasil belajar, kreatifitas, keaktifan siswa, motivasi belajar dan bisa memanfaatkan lingkungan yang ada sebagai media, sedangkan kekurangan nya adalah memerlukan waktu yang lama dan biaya yang mahal serta membutuhkan pengawasan yang lebih.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) menciptakan metode pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jogjakarta: DIVA Pers

Kusmana,Suherly. 2012. Model Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nati, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas VII SMP N 18 Lau Kabupaten Maros. Universitas Hasanudin. Jurnal Ilmu Budaya Volume 6, Nomor 2, Desember 2018 E-ISSN: 2621-5101 P-ISSN:2354-729, Diunduh pada 10 Juli 2019.

Nusi, Kurniati. 2016. Penerapan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V Sd Inpres 2 Tanamodindi Palu. Palu: Universitas Tadulako. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjpsqzHw5XjAhUQVs0KHa61AOAQFjAFegQIARAC&url=http%3A%2F%2Fjurnal.untad.ac.id%2Fjurnal%2Findex.php%2FBahasantodea%2Farticle%2Fdownload%2F9822%2F7809&usg=AOvVaw3zYJ6KuGYjQ9K19VnGJa7o, Diakses pada 2 Agustus 2019

Permanasari, Dian. 2017. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumber jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, Volume 3 No. 2, (2017), 156-162, diunduh pada tanggal 11 Juli 2019.

Prianto, Heri. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Menggunakan Media Realia. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 10 No. 2, (2018), 1516-1525. Diunduh Pada 12 Juli 2019. http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/266

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Seri manajemen sekolah bermutu Model – model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru Edisi kedua. PT. Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sarini, Widya. 2012. Penggunaan Media Realia Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SDN 11 Segarau Kabupaten Sambas. Pontianak: Universitas Tanjung Pura, Diakses pada tanggal 11 Juli 2019. https://media.neliti.com/media/publications/214700-penggunaan-media-realia-meningkatkan-has.pdf

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Shihabuddin. 2008. Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia. Modul 1 Edisi 1. Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan

Suryani, Nunuk. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Susmita, Nelvia. 2012. Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan mengunakan media audio video pada siswa kelas X SMK PI Ambarukmo 1. Yogyakarta: Skripsi tidak diterbitkan, UNY. http://eprints.uny.ac.id/26509/1/Skripsi.pdf, diunduh pada 10 Juli 2019

Tarigan, H.G. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wardhani, Iga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.