MUKA NEGATIF DALAM KONTEN TEMA COVID-19 PADA CHANEL YOUTUBE DEDDY CORBUZIER

Siftia Dewi Febriantika, Wahyuningsih Wahyuningsih, Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muka negatif yang terdapat dalam konten tema covid-19 pada chanel youtube Deddy Corbuzier Agustus 2021. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari konten tema covid-19 Agustus 2021. Data dianalisis dalam bentuk kartu data. Hasil penelitian ini ditemukan jenis nilai kesantunan berupa konsep muka negatif.

Hasil yang diperoleh dari penelitian faktor adanya muka negatif dalam konten tema covid-19 pada chanel youtube Deddy Corbuzier Agustus 2021 sebagai berikut: 1) tekanan dalam diri karena sebagian besar keluarga terinveksi virus covid-19 yang membuat Deddy Corbuizer sedih harus merawat keluarga sakit dan menjamin keluarga yang lain agar tetap sehat, 2) Deddy Corbuzier terinveksi virus covid-19 akibat sering kontak langsung dengan keluarga yang terinveksi, 3) Azka Corbuzier mengcovidkan diri agar bisa merawat sang ayah Deddy Corbuzier dinyatakan terinveksi covid-19 dengan mengabaikan keselamatan diri sendiri, dan 4) Deddy Corbuzier membenarkan kesalahan Dinar Candy berbikini di trotoar jalan raya ramai kendaraan dengan ditutupi papan sebagai bentuk penolakan perpanjangan PPKM, justru menyalahkan pihak kepolisian banyak wanita lain berpakain sama di twiter tidak ditangkap.


Keywords


Muka Negatif, Konten Tema Covid-19

Full Text:

PDF

References


Andriana, Marisa. 2021. Deiksis Dalam Wacana Podcast Deddy Corbuzier Bersama Menteri Ketenagakerjaan dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Online. (http://eprints.ums.ac.id/92399/12/Naskah%20Publikasi.pdf, diunduh tanggal 20 November 2021)

Anonim. 2022. Youtube. Online. (https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube, Diakses tanggal 9 Januari 2022)

Aditiansyah, Diki Fahrudin. 2014. Fenomena Kesantunan Berbahasa Dalam Acara Indonesia Lawyer Club Di TV One. Online. (http://repository.upi.edu/11309/4/S_IND_0906203_Chapter1.pdf, Diunduh tanggal 8 Januari 2022)

Ariawan, Iwan dkk. 2021. Proyeksi Covid-19 Di Indonesia. Jakarta Pusat: Kementerian PPN/Bapenas.

Astuti, Santi Indra dkk. 2021. Modul Budaya Bermedia Digital. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.