ANALISIS AFIKSASI PADA BERITA UTAMA SURAT KABAR JAWA POS RADAR MADIUN EDISI NOVEMBER 2021

Mayda Eka Saputri, V Teguh Suharto, Dhika Puspitasari

Abstract


Proses afiks atau afiksasi dapat dilihat dengan jelas ketika membaca berita yang terdapat dalam surat  kabar. Hampir semua isi berita khususnya berita utama yang diterbitkan setiap hari mendapatkan  imbuhan, berupa perfiks, infiks, ataupun sufiks. Penelitian ini memfokuskan berita utama pada Surat Kabar Jawa Pos Radar Madiun yang disajikan secara menarik dengan menggunakan diksi yang  didukung dengan penggunaan afiks. Berita utama dalam surat kabar merupakan bagian kolom berita  pada surat kabar yang menjadi sorotan utama pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah  mendeskripsikan bentuk afiksasi yang terdapat pada berita utama Surat Kabar Jawa Pos Radar  Madiun edisi November 2021 dan mendeskripsikan fungsi dan makna afiks yang terdapat pada berita  utama Surat Kabar Jawa Pos Radar Madiun edisi November 2021. Dalam penelitian ini menggunakan  metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis pada penelitian ini adalah teknik analisis isi (Content  Analysis). Data yang diperoleh pada penelitian ini berjumlah 207 data. Data tersebut dikelompokkan  menjadi beberapa bentuk afiks meliputi prefiks me- sebanyak 63 data, prefiks ber- sebanyak 41 data,  prefiks di- sebanyak 28 data, prefiks ter- sebanyak 12 data, prefiks pe- sebanyak 9 data, sufiks -i  sebanyak 8 data, sufiks –kan sebanyak 24 data, sufiks –an sebanyak 8 data, sufiks –nya sebanyak 5  data, konfiks pe-an sebanyak 3 data, konfiks per-an sebanyak 3 data, dan konfiks ber-an sebanyak 3  data. Pada penelitian ini terdapat 6 jenis fungsi afiks yaitu verba, nomina, adjektiva, adverbia,  pertikel, dan numeralia. Sedangkan makna afiks pada penelitian ini menyatakan suatu  perbuatan, menyatakan sesuatu yang mempunyai persamaan, menyatakan orang yang  melakukan sesuatu, menyatakan orang yang melakukan sesuatu, menyatakan suatu pekerjaan  orang, menyatakan orang yang memiliki sifat, dan menyatakan suatu jumlah.


Keywords


Afiksasi, Berita utama, Surat Kabar

Full Text:

PDF

References


Andini, Lina. 2013. Perbandingan Objektivitas Bahasa Pada Surat Kabar Terbitan Lokal Dan Terbitan Pusat. Asas: Jurnal Sastra. Medan: Program Studi Sastra Indonesia Universitas Negeri Medan.

Arsita, Tika Yuni, Nurlaksana Eko Rusminto, dan Muhammad Fuad. 2014. Afiks dalam berita utama surat kabar lampung post. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya (hlm: 2). Lampung: Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian dan Pemelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Maylani Nursita. 2014. Tindak Tutur Pada Ungkapan Bak Truk Di Sepanjang Jalan Ringroad Solo Sragen Tinjauan: Pragmatik. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haviz, Sarbini. 2017. Penerapan Kode Etik dalam Foto Jurnalistik di Surat Kabar Pekanbaru MX. PhD Thesis. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, Dan

Tekniknya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Maimunah. 2016. Afiks Pembentuk Nomina pada Koran Pos Kota Kolom Jakarta dan implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Skripsi. Jakarta: Univeritas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Restendy, Mochammad Sinung. 2016. Daya Tarik Jurnalistik, Pers, Berita dan Perbedaan Peran dalam News Casting. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan dan Syariah (hlm: 3- 4). Kediri: STAI Badrus Sholeh.

Simpen, I Wayan. 2021. Morfologi: Kajian Proses Pembentukan kata. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winarni, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktik: Penelitian Kuantitatif Kualitatif PTK R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Mubarrok, Hafidh, Teguh Suharto, and Dhika Puspitasari. 2020. Penguasaan Aspek Fonologi dan Leksikon Anak Penyandang Tunagrahita di SLB Dharma Wanita. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 8.01 (hlm: 40- 47). Madiun: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Madiun.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.