NILAI MORAL BAIK DAN MORAL BURUK PADA NOVEL “WINGIT” KARYA SARA WIJAYANTO

Anita Martiana, Panji Kuncoro Hadi, Eni Winarsih

Abstract


Penelitian ini berisi analisis Nilai Moral Baik dan Nilai Moral Buruk pada novel “Wingit” karya Sara Wijayanto. Penelitian ini menjawab dua rumusan  masalah yaitu  1) Bagaimana bentuk-bentuk nilai moral baik dalam novel Wingit karya Sara wijayanto, dan  2) Bagaimana bentuk-bentuk nilai moral buruk pada novel Wingit karya Sara Wijayanto. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai moral yang berkaitan dengan kebaikan dan hal buruk yang dilakukan oleh manusia di masa hidupnya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik noninteraktif. Sumber data penelitian ini adalah novel Wingit karya Sara wijayanto. Teknik Analisis data menggunakan analisis konten. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Bentuk-bentuk nilai moral baik dalam novel Wingit karya Sara wijayanto yaitu terdapat 15 nilai moral baik dari tujuh hantu semasa hidupnya, (Rela berkorban, penuh kasih sayang, pantang menyerah, sabar, menepati janji, berbakti kepada orang tua, optimis, berpikiran luas, teguh pendirian, baik hati). Terdapat 1 nilai moral baik dari penulis yaitu Sara wijayanto yang Adil dalam menanggapi cerita dari 2 sosok hantu. Kemudian yang ke 2 Bentuk-bentuk nilai moral buruk pada novel Wingit karya Sara Wijayanto yaitu terdapat 18 nilai moral buruk dari tujuh hantu semasa hidupnya sebagai berikut : berdusta, berbohong, dengki, iri, putus asa, senang mencuri, musyrik, durhaka kepada orang tua, membunuh, senang berburuk sangka, dendam, berdusta, sifat apatis.


Keywords


Novel Wingit, Nilai Moral Baik, Nilai Moral Buruk.

Full Text:

PDF

References


Handayani, Anis. Novel pudarnya pesona cleopatra Karya habiburrahman el shirazy (tinjauan sosiologi sastra). Skripsi, Universitas Negeri Surakarta. 2019.

Jatmiko. ___. Nilai-nilai moral dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Cendekia. ___: 1.

Mualimin. Pengembangan nilai Islami peserta didik melalui integrasi Alquran dan Hadis dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Humanika vol 20, no 2 (2020): 11.

Nofrita, Mira. Kondisi Masyarakat Jerman yang Tercermin dalam Naskah Drama Woyzeck Karya Georg Büchner: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. 2011.

Nugraha, Fajar Briyanta Hari. Nilai Moral Dalam Novel Pulang Karya Leila S Chudori. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.