KECERDASAN EMOSI HANUM DALAM NOVEL “I AM SARAHZA” KARYA HANUM S.R. DAN RANGGA A. (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Baitul Rohmah, V.Teguh Suharto, Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kecerdasan emosional dalam kehidupan sehari-hari pada novel I am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. (2) Mendeskripsikan kecerdasan emosional dalam menghadapi konflik yang terjadi pada novel I am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data adalah novel I am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra yang diterbitkan oleh Republika Penerbit pada tahun 2018 dengan tebal 368 halaman. Sedangkan datanya berupa kutipan (kata, frasa, dan kalimat atau paragraf) yang menujukkan kecerdasan emosional dalam kehidupan sehari-hari dan kecerdasan emosional dalam menghadapi konflik yang terjadi pada Hanum dalam novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Teknik pengumpulan data yang dilakukan denngan menggunakan teknik pustaka. Analisis data yag digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan proses mengidentifikasi, mengklarifikasi, menguraikan, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima aspek kecerdasan emosional Hanum yaitu kemampuan mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan kemampuan dalam membina hubungan dengan orang lain. Ada empat belas bentuk yang berhubungan dengan kecerdasan emosional Hanum dalam kehidupan sehari-hari dan ada dua puluh bentuk kecerdasan emosional yang berhubungan dengan kecerdasan emosional Hanum dalam menghadapi konflik yang terjadi pada novel I am Sarahza. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan dalam penelitian dan mengembangkan penelitian lebih lanjut yang berkenaan dengan teori psikologi sastra khususnya pada kecerdasan emosionaldalam karya ilmiah.


Keywords


Kecerdasan Emosional, Tokoh Hanum, Novel I am Sarahza

Full Text:

PDF

References


Afifah, Fina L. F. N. (2020). Kecerdasan Emosional Tokoh Utama Dalam Novel" Tanah Surga Merah" Karya Arafat Nur. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(24).

Eriyanto. (2011). Analisis Isi. Jakarta: Kencana.

Juwari. (2018). Konstruksi Kecerdasan Emosional Tokoh Utama Dalam Novel Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Laye. Tesis: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, Nurul. (2020). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus. Skripsi: Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Puspita, Heni. (2021). Analisis Penokohan Novel “Iavanna Van Dijk" Karya Risa Saraswati melalui Pendekatan Psikologi Sastra. Jurnal: Kajian Sastra Nusantara Linggau, 1(1), 9-21.

Rais, Hanum Salsabiela & Rangga Almahendra. (2018). I am Sarahza. Jakarta: Republika Penerbit.

Safitri, Eka Dewi. (2020). Analisis Emosi Kesedihan dan Kemarahan Tokoh Utama Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Kajian Psikolologi Sastra. Skripsi: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun.

Saragih, Amoy Krismawati, Nola Sari Manik, & Rosenna Rema Y.B.S. (2021). Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2).

Suharto, V. Teguh. (2013). Pengantar Teori Belajar-Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis Pengalaman. Salatiga: Widya Sari Press.

Suharto, V. Teguh. (2016). Relevansi Kecerdasan Emosional Dalam Pengembangan RPP Berbasis Karakter. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2), 192-209.

Tarmila, Evi, Wartiningsih A., & Martono (2013). Kajian Emosi Tokoh Utama dalam Novel Pesan dari Sambu Karya Tasmi P.S. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6).

Widayanti, Anista, E. (2019). Kajian Kecerdasan Emosi (Emotional Quotient) Tokoh Utama Dalam Novel Gunung Ungaran Karya Nh. Dini. Skripsi: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang.

Wuryantoro, A., Agung Nasrulloh Saputro, & Asri Musandi Waraulia. (2017). Pembelajaran Menulis Sastra yang Berorientasi pada Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun (pp. 249-253).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.