VARIASI BAHASA SOSIOLEK DALAM KONTEN SOMASI PADA CHANNEL YOUTUBE DEDDY CORBUZIER

Aprilia Eka Nur Winanda, Dwi Rohman Soleh, Dhika Puspitasari

Abstract


Penelitian Variasi Bahasa dalam Konten Somasi Pada Channel Youtube Deddy Corbuzier ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk variasi bahasa sosiolek yang terdapat dalam konten somasi pada chanel youtube milik Deddy Corbuzier. Pada konten somasi yang dibuat, bintang tamu yang dihadirkan juga berasal dari daerah yang berbeda. Dengan demikian, setiap bintang tamu memiliki variasi bahasanya masing- masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk variasi bahasa sosiolek yang terdapat dalam konten somasi yang dibuat oleh Deddy Corbuzier bersama bintang tamunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan dari orang yang terlibat dalam video tersebut. Dengan metode simak, penelitian difokuskan pada penuturnya. Hasil penelitian ini menunjukkan ditemukan 122 data. Data tersebut terdiri atas (1) variasi bahasa jargon sebanyak 22 data, (2) variasi bahasa slang sebanyak 24 data, (3) variasi bahasa kolokial sebanyak 62 data, dan (4) variasi bahas jargon sebanyak 14 data.


Keywords


Variasi Bahasa, Variasi Bahasa Sosiolek

Full Text:

PDF

References


Aslinda & Syafyahya, L. (2010). Pengantar Sosiolinguitik. Bandung: Refika Aditama.

Lubis, J.A., Pujiastuti. I & Indrayatti, W. (2021). Variasi Bahasa Acara Kuliner Bikin Laper Trans TV Dan Tanboy Kun Youtube. Studen Online Journal, 2 (2), 915.

Setiawati, R.D. (2019). Variasi Bahasa Dalam Situasi Tidak Formal Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Di Universitas Tadulako. Jurnal Bahasa dan Sastra,4 (1), 1.

Unsiah, F & Yuliati, R. (2018). Pengantar Ilmu inguitik. Malang: UB Press.

Waridah, (2015). Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa dalam Berbahasa dan Berbudaya. Jurnal Simbolika, 1 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.