BENTUK MAKIAN DIALEK SUROBOYO OLEH SENDER DALAM AKUN TWITTER KOMUNITAS BASE SUROBOYO FESS (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Reza Brian Zuama, Dwi Rohman Soleh, Dhika Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana bentuk makian yang dituliskan oleh sender dalam akun twitter komunitas Suroboyo fess yang meliputi: 1) makian bentuk kata, 2) makian bentuk frasa, serta 3) makian bentuk klausa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data didapatkan dari akun twitter komunitas base Suroboyo fess tehitung dari 1 Februari 2022 sampai 31 Maret 2022. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa: 1) teknik observasi, 2) teknik dokumen, serta 3) teknik catat. Instrumen penelitian yang digunakan berupa smartphone, buku, bolpoint, dan juga kartu data. Dan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa: 1) data reduction, 2) data display, dan 3) conclution drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk makian yang ditemukan dalam penelitian ini total berjumlah 138 data yang meliputi: (1) 57 data bentuk makian kata, (2) 59 data bentuk makian frasa, dan (3) 22 data bentuk makian klausa. Dari 57 data yang ditemukan pada bentuk makian kata diklasifikasikan kembali menjadi: (1) 29 data bentuk kata nomina, (2) 20 data bentuk kata verba, dan (3) 8 data bentuk kata adjektiva.

 


Keywords


Makian, Twitter, Suroboyo Fess

Full Text:

PDF

References


Anugratami, Christin, dan Primadani. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Motivasi Followers Pada Akun @Merryriana. Jurnal Unair.

Adi, Arista dan Sanjaya, Anwar. (2009).

Panduan Cepat Menguasai Twitter.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Haq dan Afdhaliyah. (2021). Variasi Bahasa dalam Media Sosial Twitter. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Chaer, Abdul dan Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

Rokhman, Fatur. (2013). Sosiolinguistik.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarsono. (2017). Sosiolinguistik.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijana, I Dewa Putu. (2016). Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijana, I Dewa Putu. (2021). Pengantar Sosiolinguistik. Yogyakarta: UGM Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.