KEPRIBADIAN DAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SENJA HUJAN DAN CERITA YANG TELAH USAI KARYA BOY CANDRA

Adila Sabbach, Panji Kuncoro Hadi, Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fakta cerita mengenai struktur kepribadian tokoh utama, dan konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel Senja Hujan dan Cerita Yang Telah Usai Karya BOY Candra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan rancanga kajian psikologi sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Sumber dta dalam penelitian ini adalah novel Senja Hujan dan Cerita Yang Telah Usai karya Boy Candra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari teknik pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepribadian tokoh utama di dalam novel Senja Hujan dan Cerita Yang Telah Usai didasarkan pada teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud yang diperoleh gambaran tentang struktur kepribadian tokoh yang dipengaruhi oleh ketiga sistem kepribadian yaitu, id, ego, dan supereg, (2) konflik batin yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Senja Hujan dan Cerita Yang Telah Usai dalam menghadapi masalah percintaan yang dialami tokoh aku sebagai tokoh utama dalam novel tersebut.


Keywords


kepribadian, konflik batin, tokoh utama, novel.

Full Text:

PDF

References


Endraswara, suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Minderop, Albertine. (2013). Psikologi Sastra “ Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus.” Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Wandira, J., Hudiyono, Y. and Rokhmansyah, A., 2022. Kepribadian Tokoh Aminah Dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati: Kajian Psikologi Sastra. [online] Repository.unmul.ac.id. Available at: [Accessed 12 June 2022].

Zamzam, N., Azis, A., & Hajrah, H. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari Tinjauan Psikologi Sastra. TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Puspitasari, Anggun Citra D.D. 2017. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan menulis Cerpen. Jurnal SAP, Vol.1, No.3, April 2017:249-258.

Eprints.undip.ac.id. 2022. [online] Available at: [Accessed 12 June 2022].

Rumadi, H., & Fajriani, S. W. (2020). Konflik Batin Tokoh “Aku” dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari. GERAM, 8(1), 70-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.