ANALISIS DEIKSIS PERSONA, TEMPAT, DAN WAKTU DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA A. FUADI (KAJIAN PRAGMATIK)

Awalina Nur Azizah, Panji Kuncoro Hadi, Asri Musandi Waraulia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan deiksis dalam sebuah karya sastra yakni novel yang berjudul “Anak Rantau” karya A.Fuadi. Novel “Anak Rantau” merupakan salah satu novel best seller yang mengangkat cerita tentang kehidupan didesa yang kental dengan adat Minang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan bentuk deiksis persona, tempat, dan waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitattif. Data yang digunakan adalah data tertulis, yakni berupa kata dan kalimat yang memuat penggunaan deiksis dalam novel Anak Rantau karya A.Fuadi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca catat. Validitas data menggunakan triangulasi teori. Analisis data dalam penelitian ini dengan mengidentifikasi penggunaan deiksis, mengklasifikasi penggunaan deiksis, menganalisis data deiksis, dan menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggunaan bentuk deiksis persona yang ditemukan dari kalimat-kalimat dalam dialog novel Anak Rantau karya A. Fuadi berjumlah 17 meliputi, bentuk aku, -ku, saya, gue, ambo, aden, kita, kami, awak, kau, kamu, -mu, wa’ang, kalian, dia, -nya, dan mereka.. Bentuk deiksis tempat berjumlah 8 meliputi, bentuk di sini, di sana, ke sini, ke sana, sini, sana, ini, dan itu. dan bentuk deiksis waktu berjumlah 13 meliputi, bentuk dulu, dahulu, tadi, kemarin, tempo hari, ratusan tahun (lalu), sekarang kini, hari ini, nanti, besok, minggu depan, dan masa depan.


Keywords


Kajian Pragmatik;Deiksis;Novel

Full Text:

PDF

References


Aminudin, A.Paola Lancana. (2016). Deiksis dalam Novel Tembang Ilalang Karya Md. Aminudin. Jurnal Bastra Volume 3 Nomor 3 Desember 2016.

Azmin, Amelia Maharani. (2018). Analisis Deiksis dalam Novel Surga yang Tak di Rindukan. Jakarta: Program Studi Sastra Indonesia.

Hermaji, Bowo. (2021).Teori Pragmatik Edisi Revisi.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Mustika, Rahma Rahayu. (2018). Deiksis dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Nafarin, Sarifah Firda Arindita. (2020). Analisis deiksis percakapan dalam pada channel youtube podcast Dedy Corbuzier Bersama menteri Kesehatan tayangan Maret 2020. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1984). Deiksis Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yule, George. (1996). Pragmatik: Terjemahan (Terjemahan Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.