Peningkatan Kompetensi Keahlian Mahasiswa dalam Perbaikan Sistem Pendingin Di Auvis Jasa Service

Sauqi Rifa’i Hasan, Chusnul Khotimah, Mega Ayu Yoantari

Abstract


Pemakaian sistem AC pada sektor perumahan maupun instansi bertujuan untuk mempertahankan temperatur udara di dalam ruangan pada kondisi nyaman khususnya bagi konsumen yang menempati ruangan tersebut. Selain itu, pemasangan AC juga dapat bermanfaat untuk menghindari terjadinya suhu udara yang panas dalam suatu ruangan. Kecepatan yang sama putaran mesin dengan kondisi mesin pendingin dinyalakan lebih tinggi dibandingkan putaran mesin dengan kondisi mesin pendingin dimatikan. AC bekerja dengan cara menyerap panas dari udara di dalam ruangan, kemudian melepaskan panas tersebut di luar ruangan. Dengan begitu, temperatur udara di dalam ruangan akan berangsur-angsur turun sehingga dapat menghasilakan temperatur udara yang dingin. AC memanfaatkan suatu campuran kimia sehingga menciptakan lingkungan tertutup dimana di dalamnya terjadi penguapan dan kondensasi secara berulang kali. Campuran inilah yang disebut dengan refrigerants yang terdiri dari klorofluorkarbon (CFC), hidroklorofluorkarbon (HCFC), ataupun perfluorokarbon (FC). Senyawa-senyawa refrigerants ini mampu menciptakan fase konversi. Selain itu AC memiliki kipas yang mampu mengalirkan udara panas sehingga berjalan melalui kumparan berisi refrigerants tersebut. berdasarkan uraian di atas maka perlu diadakan penelitian mengenai peningkatan kompetensi keahlian mahasiswa dalam perbaikan system pendingin di AUVIS JASA SERVIS. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey dan analisa data sekunder dengan metode eksploratif dan deskriptif. Informan penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa mahasiswa memperoleh keterampilan pada kegiatan magang di sekolah relevan dengan perkuliahan yang diperoleh dikampus dan pada kegiatan inilah mahasiswa memiliki keterampilan yang lebih spesifik, seperti: 1. Penelaahan strategi pembelajaran baik dari perkuliahan; 2. Penelaahan pembelajaran praktek.

Full Text:

PDF

References


Fasudin, Dedi. "Otomatisasi Air Conditioner Pendingin Ruangan Berbasis Mikrokontroler ATmega-16." Jurnal teknik Elektro 5.1 (2013).

Hartoyo. 2014. Materi Kuliah Teknik Pendingin dan Tata Udara: AC WINDOW dan AC SPLIT. Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik: Universitas Negeri Jogyakarta.

KW, Kartini Diah, and Zulfa Noviardi. "Penerapan inferensi fuzzy untuk kendali suhu ruangan pada pendingin ruangan (AC)." Seminar

Muliyadi, Irvan. "Penggunaan air conditioner sebagai aspek pencegahan terhadap kerusakan bahan pustaka." Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 1.2 (2013): 131-137

RAMAYANTI, Rezi; SUKARDI, Sukardi. Evaluasi Program Praktek Lapangan Industri Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2021, 2.2: 1-8. Nasional Informatika (SEMNASIF). Vol. 1. No. 4. 2015.

Wiratmaja, I. G., Dantes, K. R., & Artha, E. A. (2021). Peningkatan Laju Pendinginan Ruangan Dengan Media Pendingin Kombinasi Udara Dan Air Disisi Kondensor Pada Mesin Pendingin Tipe Split Air Conditioning. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(1), 50-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.