Profil Kesulitan Belajar Siswa SMK Dalam Memecahkan Masalah Fisika

Maisaroh Maisaroh, Tantri Mayasari

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetaui profil kesulitan belajar siswa SMK dalam memecahkan masalah fisika. Kesulitan belajar merupakan masalah yang sulit dipecahkan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam masalah fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Sempel penelitian yang diambil sejumlah 32 siswa dari 407 populasi dengan cara acak di SMKN 1 Slahung kabupaten Ponorogo kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan cara direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa siswa SMK cukup berpengaruh mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah fisika dengan persentase 51.37%. Profil kesulitan belajar ini bisa digunakan untuk mengetahui persentase faktor penyebab kesulitan belajar siswa SMK dalam memecahkan masalah fisika.


Keywords


Profil, Kesulitan Belajar, Memecahkan Masalah Fisika.

Full Text:

PDF

References


Djamarah. (2011). Guru dan Anak Didik Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar & Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Prof. Dr.Prayitno, M. E. (2009). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Grasindo.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono, P. D. (2013). Cara Mudah Untuk Menyusun Skripsi,Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.