Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMK 1 Gamaliel Madiun

Ratna Intan Ristiani

Abstract


Mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang mayoritas siswa mengatakan pelajaran yang sangat sulit karena banyak rumus-rumus di dalamnya. Sehingga perlu adanya bahan ajar yang tidak hanya satu guna memperbanyak pengetahuan tentang pelajaran fisika. Bahan ajar adalah salah satu media yang sangat penting yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan merupakan salah satu kebutuhan bagi guru dan siswa. Di dalam pelajaran fisika juga membutuhkan pembelajaran yang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari guna mempermudah suatu pembelajaran di kelas. Maka dari itu, untuk menyajikan materi dalam kehidupan sehari-hari dari mata pelajaran fisika dapat disajikan secara riil melalui buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kebutuhan bahan ajar pada mata pelajaran fisika di SMK 1 Gamaliel Madiun. Sampel penelitian ini adalah siswa jurusan mesin tahun akademik 2017/2018. Data kualitatif yaitu survey kebutuhan bahan ajar bagi siswa siswa yang diperoleh melalui wawancara dari tanggapan siswa dan angket kuesioner lalu dianalisi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan 68% siswa mengungkapkan bahwa buku ajar yang digunakan selama ini dianggap belum menarik dan sajian di dalam buku ajar belum mampu mencontohkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian 47% siswa mengungkapkan kesulitan dalam mencari sumber untuk belajar. Dengan demikian diketahui bahwa secara keseluruhan masih diperlukan pengembangan buku ajar untuk mata pelajaran fisika di SMK 1 Gamaliel Madiun kelas X jurusan mesin guna mendukung kegiatan pembelajaran.


Keywords


Mata pelajaran fisika, Bahan ajar, pembelajaran riil.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Wibowo. (2012). Manjamen Kinerja(edisi ke 3). Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.