Profile Kemampuan Awal Berfikir Konseptual Dan Faktual Siswa SMK

Annida Erin M C, Tantri Mayasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui profil kemampuan awal siswa SMK dalam berfikir konseptual dan faktual dalam materi Fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa yang meliputi pemahaman konseptual dan Faktual siswa SMK, subyek penelitian yaitu siswa SMKN 1 Wonoasri. Menyadari pentingnya pemahaman konsep materi Fisika dan implementasi dalam dunia nyata. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk mengetahui tingkat berfikir siswa dalam memahami konsep dan implementasi konsep materi. Penelitian ini mengunakan penelitian diskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari angket dan soal yang diberikan kepada siswa SMK. Dari hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa 39,4 % pada analisis kebutuhan awal siswa sangat rendah sehingga diperlukan peningkatan berfikir konseptual dan faktual siswa.


Keywords


Profile, Kemampuan Awal, Berfikir konseptual dan Faktual

Full Text:

PDF

References


Buku:

Hakim, T. (2014). Belajar Secara Efektif. Niaga Swadaya.

Suyono, R. A. (2015). Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Malang: Gunung Samudra.

Waluya, B. (2007). Sosiologi. Bandung: PT Grafindo.

Russefendi. (1998). Pengantar Kompetensi Guru dalam Pengajaran. Bandung: Tarsito.

Prosiding:

Julia, I. I. (2017). "Membangun Generasi Emas 2045 yang berkarakter dan Melek IT" dan Pelatihan "Berpikir Suprarasional". Prosiding Seminar Nasional (pp. 269-260). Sumedang: UPI Kampus Sumedang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.