Profil keterampilan proses sains di smp negeri 1 wungu

Intan Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memprofilkan keterampilan proses sains di SMP Negeri 1 Wungu pada materi getaran, gelombang dan bunyi . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis keterampilan proses sains. Indikator yang digunakan dalam tes keterampilan proses sains meliputi keterampilan Mengobservasi, Berhipotesis, Mengklasifikasi, Menyimpulkan dan Mengkomunikasikan. Hasil yang diperoleh dari tes yang telah dilakukan menunjukkan nilai prosentase keterampilan proses sains sebesar 45 %. Secara rinci sebagai berikut : observasi 58%, hipotesis 45%, klasifikasi 50%, menyimpulkan 36%, dan mengkomunikasikan 37%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains yang dicapai dalam kategori rendah.


Keywords


, Keterampilan Proses Sains, Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Dimyati, & Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: PT

Rineka Cipta. Kastawaningtyas, A., & Martini. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan.

Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 46.

Mafudi, I. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Praktikum Gerak Lurus untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Seminar NasionalQuantum, 226.

Sri, W. A., & Yetti, S. (2008). Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryana. (2010). Model Praktis Penelitian Kuantitati dan Kualtatif.

Susilawati,& Muhaimin, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Riil Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan FisikaIndonesia.

Widayanto. (2009). Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui Kit Optik . Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.