Profil Kemampuan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Balong

Arista Anggun Sa’adah Fatiah Fitri

Abstract


Kemampuan metakognisi membimbing peserta didik untuk merencanakan proses belajar, memantau apa yang sedang dipelajarinya, dan menilai proses belajar yang telah ia lakukan sehingga mampu mengambil keputusan untuk mengambil tindakan yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memprofilkan tingkat kemampuan metakognisi siswa kelas VIII SMPN 2 Balong yang terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Balong, dengan sampel VIII B. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling atau pengambilan secara acak. Data yang diisimpulkan berupa angket tes kemampuan metakognisi yang terdiri dari 16 pernyataan yang meliputi tiga indikator kemampuan metakognisi. Rata-rata kemampuan metakognisi siswa adalah 52,16 poin dengan poin tertingi yang diporelah siswa mengenai kemampuan metaognisi adalah 59 poin dan poin terendah adalah 44 poin. Terdapat 14 siswa dengan kemampuan metakognisi rendah pada mata pelajaran fisika dan 18 siswa dengan kemampuan metakognisi tingi pada mata pelajaran fisika.


Keywords


Metakognisi, Hasil Belajar, Smp

Full Text:

PDF

References


Asriningsih, I., Saepuzaman, D., & Ferranie, S. (2016). Penerapan Strategi Metakognisi Pada Pembelajaran Kalor Untuk Mengidentifikasi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNFvolume v, 1-6.

Nurmalasari, L. R. (2015, Oktober). Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. 1-11.

Sari, T. A., & Azizah, U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Melatih Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi di SMAN Ploso. UNESA Journal of Chemical EducationISSN: 2252-9454 Vol. 5, No. 2, 214–223 .

Sawitri, I. (2016). Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Metakognitif . JurnalInkuiri , 79-86.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif danR&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.