Peningkatan Keterampilan Proses Fisika Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Gerak Harmonik Sederhana Kelas X IPA SMA PGRI Pace

Mohamat Soib, Purwandari Purwandari, mislan sasono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses fisika setelah diterapkan pendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian dilakukan dikelas X-IPA SMA PGRI Pace tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keterampilan yang diukur meliputi menentukan langkah kerja, menentukan alat dan bahan, keterampilan memilih alat , ketepatan menggunakan alat, ketelitian pengamatan, keterampilan mencatat data, urutan kerja, dan keterampilan mengkomunikasikan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan uji sederhana (mean, median dan modus). Hampir semua indikator mengalami peningkatan, rata-rata keterampilan proses mengalami peningkatan sebesar 12,5 % dari 66,25% pada siklus I menjadi 78,75% pada siklus II, dengan kategori baik. Dengan demikian, keterampilan proses fisika siswa kelas X-IPA SMA PGRI Pace dapat ditingkatkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing.


Keywords


Keterampilan Proses Fisika, Inkuiri Terbimbing, Gerak HarmonikSederhana

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. dkk. (2007). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT.Bumi aksara.

Kuhlthau, C. A. (2007). Guided Inquiry Learning in the 21st Century. London: Greenwood Publising Group.

Mudjiono, D. d. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mudjiono, D. d. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.