Analisis Kemampuan Representasi siswa Menggunakan Instrumen Tes Berbasis Multi Representasi

Novi Shinta Anugraheni

Abstract


Hasil belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh proses belajar selama KBM berlangsung, penilaian siswa lebih sering dilakukan berdasarkan evaluasi akhir pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Oleh sebab itu alat evaluasi merupakan bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar. Evaluasi bertujuan mengetahui pencapaian hasil belajar siswa selama proses belajar berlangsung. Dalam pelaksanaan evaluasi perlu adanya sebuah instrumen yang digunakan sebagai alat ukur. Instrymen yang digunakan dalam proses evaluasi juga menentukan nilai siswa. Pada penelitian ini akan menganalisis kemampuan siswa dalam menjawab instrumen tes berbasis multi representasi pada materi fluida kelas XI. Kemampuan multi representasi diantaranya adalah kemampuan verbal, gambar, matematis dan grafik. Pada instrumen tes yang telah diberikan pada 25 siswa dengan jumlah 16 butir soal pilihan ganda diketahui hasil yang diperoleh kemampuan tertinggi pada representasi matematis-gambar dengan persentase 63% dan terendah pada tahap kemampuan representasi verbal-gambar senilai 51,8%.

Instrumen Tes, Kemampuan, Multi Representasi


Keywords


Instrumen Tes, Kemampuan, Multi Representasi

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, N. S., & Handhika, J. (2018). Profil kemampuan multirepresentasi siswa dalam materi fluida, 25, 533–537.

Harun, M., Sutopo, & Kusairi, S. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Siswa pada Pokok Bahasan Fluida. Malang: Prosiding Semnas Pend.IPA Pascasarjana UM.

Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Assesmen Pembelajaran (1 ed.). (N. N. Muliawati, Ed.) Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Irwandani. (2015). Multi Representasi Sebagai Alternatif Pembelajaran Dalam Fisika.

-10.

Setyani, N. D., Cari, Suparmi, & Handhika, J. (2016). Student's Concept Ability of Newton's Law Based on Verbal and Visual Test. International Journal of Scienceand Applied Science , 162-169.

Setyani,N. D., Suparmi, C., & Handhika, J. (2016). Analisis Instrumen Tes Pemahaman Konsep Fisika. Quantum 2016 , 369-372.

Widianingtiyas,L., Siswoyo, & Bakri, F. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Fisika , 31-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.