Pengembangan Instrumen Literasi Informasi Pada Pembelajaran Fisika

Rumpoko Azis Mubaroq, Jeffry Handhika, farida huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen literasi informasi pada pembelajaran fisika pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Madiun. Penelitian ini dilakukan menggunakan model 4-D dengan tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develope), tahap penyebaran (deseminate). Pengembangan instrumen tes ini hanya terbatas pada uji skala kecil. Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil analisis instrumen menggunakan uji validasi ahli dan uji skala kecil. Hasil menunjukkan, instrumen tes literasi informasi pada pembelajaran fisika mendapat persentasi baik. Hasil penilaian yang dilakukan validator terhadap produk pengembangan didapat nilai CVI sebesar 0,56 dengan interpretasi “Sangat layak”, sedangkan hasil untuk mengetahui kemampuan literasi informasi siswa pada uji coba skala kecil mendapat presentase 76,5% dengan interpretasi “Baik”.


Keywords


Instrumen, Literasi Informasi, Pembelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


Novitasari, L. Handhika, J. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Kognitif Literasi Sains untuk Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum Marseno, R., Kusuma, W. A., & Saleh, A. R. (2014). Identifikasi literasi infomasi dalam rangka pengembangan kurikulum di sekolah dasar. Jurnal Pustakawan Indonesia, 13(2), 8-17.

Hasugian, J. (2008). Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 4(2).

Pattah, S. H. (2014). Literasi informasi: peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2), 117-128.

Nurohman, A. (2014). Signifikansi literasi informasi (information literacy) dalam dunia pendidikan di era global. Jurnal Kependidikan, 2(1).

Ekawati, F., Handhika, J., Huriawati, F. (2017). Pengembangan tahap awal instrumen tes berbasis kemampuan berfikir tingkat tinggi (higher order thinking skill – hits) mata pelajaran fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika III


Refbacks

  • There are currently no refbacks.