Pengembangan MEPE KEBO (Media Pembelajaran PocketBook) Berbasis PjBL (Project Based Learning) untuk siswaSMP

Puput Astya Agustina

Abstract


Belajar yang baik adalah belajar setiap saat. Kebanyakan siswa hanya belajar ketika KBM berlangsung, ketika ulangan, dan ketika guru meberikan PR. Agar siswa dapat belajar di mana saja dan kapan saja, maka diperlukan media yang sesuai. Salah satu media yang sesuai yaitu pocket book. Menurut kamus Echarta dictionary pocket book adalah buku kecil yang mudah dibawa. Pocket book digunakan sebagai alat bantu yang menyampaikan informasi tentang materi pelajaran dan lainnya yang bersifat satu arah, sehingga bisa mengembangkan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri. Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa membangun pemikirannya dan ketrampilan berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran pocket book berbasis project basedlearning. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan), dengan pendekatan ADDIE. Tahapanpengembangan dalam penelitian ini adalah Analysis, Design, Development,Implementation, dan Evaluation. Sumber data diperoleh dengan survei, observasi,instrument uji kelayakan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran MEPE KEBO berbasis PjBL layak digunakan dimana hasil validasi materi sebesar 80,44 % dan validasi media sebesar 82,22% sedangkan skor rata – rata respon siswa diperoleh sebesar 77,76% Maka dapat disimpulkan media pembelajaran pocket book berbasis PjBL layak untuk digunakan.

 


Keywords


Media Pembelajaran,Pocket Book, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. (A. Safa, Ed.) Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Dyah sulistyani, N. H., Jamzuri, & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika , 1, 164-167.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Laksita,S. V., Supurwoko, & Budiawanti, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dalam Bentuk Pocket Book pada Materi Alat Optik serta Suhu dan Kalor untuk kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika , 3, 14-17.

Ngalimun, Fauzani, M., & Salabi, A. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia , 74-76.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. (S. Y. Suryandari, Ed.) Bandung: ALFABETA.

Sukroyanti, A. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Pocket Book Siswa dengan Teknik Evaluasi Media Puzzle Ceria Terhadap Sikap Ilmiah. Jurnal Ilmiah PendidikanFisika" Lensa" , 47.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & k. P. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta:GRAHA ILMU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.