Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach Pada Pembelajaran Hukum Newton Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kelas X SMA/SMK

Yayuk Susenowati

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika berbasis scientific approach sebagai sumber belajar melalui tahapan 5M yaitu mengamati, menanya, menalar, dan membentuk jaringan. Modul pengembangan ini menggunaan model pengembangan 4-D. Model ini menggunaan empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebarluasan) akan tetapi tahap penyebarluasan tidak dilaksanakandi dalam penelitian ini. Produk modul fisika ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA/SMK. Modul di evaluasi oleh ahli materi,ahli media, guru SMA/SMK sebesar 74,50%. Hasil angket peserta didik kelompok kecil sebesar 69,83% dan hasil angket peserta didik kelompok besar sebesar 70,09%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul fisika yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik pada pembelajaran hukum Newton kelas X SMA/SMK.


Keywords


pengembanganmodul, scientific approach, hukum newton dan sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Dwi Fadly. (2013). Penggunaan Modul Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran TIK Pada Materi Microsoft Word Kelas V di SDN Sarikarya Kragilan Condrongcatur . Skripsi.UNY.

Rasagama, Gede I. (2011). Memahami Implementasi “ Education Research And Development”. Makalah.PNB.

Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Makalah “Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian”. Malang: UMM.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Putra, Nusa. (2011). Research dan Development. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.