Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa

Ulfatul Umah

Abstract


Pembelajaran yang menggunakan metode ceramah mengakibatkan kreativitas belajar siswa rendah. sehingga siswa belum dapat menigkatkan kreativitas belajar yang siswa miliki. tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menghasilkan majalah fisika berbasis permainan tradisional yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika, 2) mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran majalah fisika berbasis permainan tradisional pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang ngadaptasi model 4-D dari sugiyono (2010) yang meliputi tahap Define, Design, Develop, danDisseminate. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Subjekpenelitian adalah siswa kelas VIII C. Uji lapangan operasional menggunakan onegroup pretest-posttest design. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisisdeskriptif kualitatif pada saran/komentar validator, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif pada angket, skor penilaian dan analisis N-gain. Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang dilakukan menunjukan bahwa majalah fisika berbasis permainan tradisional dinyatakan “ layak” oleh validator. Pada uji lapangan majalah fisika berbasis permainan tradisional dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan nilai gain 0,64 atau dalam kategori sedang.


Keywords


Fisika, Permainan Tradisional, Kreativitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Anitasia, A. (2017). Pengaruh Media Spelling Puzzle Terhadap Hasail Belajar Siswa Kelas VII. 1 Di MTs Negeri Prabumulih Pada Materi Sholat Fardhu.

Novianto, N. K., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek ( Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA / MA, 7(1), 81–92.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Pengembangan Media Pembelajaran.. (Ulfatul Umah)203 ISSN: 2557-8944.

Triyogantara, N. S. (2017). Pengembangan Media PembePHlajaran Majalah Fisika "PHYSICSMAGZ" Berbasis CLENOVIO App untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.