Inisiasi Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs

Qisthina Alifah Sharfina

Abstract


Salah satu cara guna mempermudah pemahaman siswa pada saat proses belajar adalah menggunakan media pembelajaran. Penyampaian materi yang divisualisasikan melalui gambar dengan warna yang cerah dan menggunakan bahasa yang sederhana serta singkat dapat mempermudah siswa dalam mengingat materi pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan 1) menghasilkan media pembelajaran komik fisika untuk mempermudah pemaham siswa, 2) mengetahui respon dari responden terhadap media pembelajaran berupa komik fisika. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan menggunkan model 4-D (Define, Design,Develope and Disseminate). Penilaian pada penelitian ini berasal dari 5 ahli mediayang berasal dari guru pendidikan fisika dan guru seni. Untuk penilaian respon siswa dilakukan dengan uji kelas kecil dan uji kelas terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran komik fisika dapat mempermudah siswa dalam memahami materi fisika, 2) media pembelajaran komik fisika memperoleh respon yang baik dari responden dengan presentase sebesar 88,50% pada uji kelas kecil dan uji kelas besar dengan nilai 85,71% sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik fisika memperoleh kriteria sangat baik dari siswa.

Keywords


Media Pembelajaran, Komik Fisika

Full Text:

PDF

References


Bayharti, Bahrizal, Dewi, R. L., & Sandani, Y. (2015). Komik Kimia Pada Materi Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan , 384-393.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Lawshe. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. Jurnal Education , 563-575.

Saputri, A., Febriani, Y., & Hatika, R. G. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Komik Fisika Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2. JurnalPendidikan , 3-8.

Suciati, & Abdullah, A. A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Komik Pada Pengajaran Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X Di SMA Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Pendidikan , 92-96.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and developmen/R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.