Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII MTSN 1 Ngawi

Riski Himatul Mukharomah, Purwandari Purwandari

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu tujuan yang paling utama dalam dunia pendidikan dengan menggunakan media pembelajaran akan lebih efektif pada saat pengajaran di sekolah salah satu yang digunakan adalah media audio visual merupakan alat ukur yang media yang menggunakan pendengaran dan penglihatan sebagi hasil dari proses pembelajaran dengan adanya media audio visual dapat menarik perhatian siswa. Kurangnya pemaham guru tehadap media dapat mempengaruhi pembelajaran dengan media audio visual guru dapat mudah menyampaikan materi. Prestasi belajar adalah suatu hasil yang dikerjakan dari kegiatan yang dilakukan secara sendiri dan berkelompok dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikasi penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar IPA siswa.

 

Metode yang digunakan peneliti adalah metode ceramah proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket,pengamatan dan dokumentasi .Teknik analisis menggunakan taraf signifikasi α = 0,05. Hasil penelitian terhadap media audio visual meningkat setelah diberi pembelajaran.

Keywords


Media audio visual, Prestasi belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, dan Saebani, Beni Ahmad, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta,2006.

Dirjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, Wawasan Tugas Guru dan TenagaKependidikan. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam Depag RI, 2005.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Soebary.Strategi Belajar Mengajar (Strategi MewujudkanPembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami). Bandung: PT. Refika Aditama, 2007.

Hadi, Sutrisno, Statistik II, Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

Harjanto.Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.

PemerintahRepublik Indonesia, Peraturan No. 19 Tahun 2005tentang StandarNasional Pendidikan ,Jakarta, 2005.

Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, 2016.

Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, Bandung: CV. Wacana Prima, 2008.

V. Teguh Suharto, Statistik. Madiun: IKIP Madiun, 2002.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:

Prenada Media Group, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.