Pengembangan Media Pembelajaran Moka (Modul Fisika) Berbasis Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa modul fisika berbasis visual untuk siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII semester 1 dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development atau penelitian pengembangan, dengan menggunakan langkah-langkah ADDIE yaitu menganalisis kebutuhan, merancang desain modul, merancang naskah modul/draft, finalisasi modul, validasi ahli, uji coba, dan revisi produk. Penelitian dilaksanakan di SMPN 13 Kota Madiun dengan sampel siswa kelas VII D yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil uji kelayakan modul yang dilakukan oleh ahli media berdasarkan angket memperoleh rata-rata persentase sebesar 77,78%, uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 73,33%, sedangkan berdasarkan angket respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 77,76%. Untuk kemampuan berpikir siswa meningkat menjadi lebih baik setelah melakukan pembelajaran menggunakan modul ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan StandarKompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapam Bidang Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Sani, A. R. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, D. W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suryani, D. N., & Agung, D. L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Tegeh, D. I., Jampel, D. I., & Pudjawan, D. K. (2014). Model PenelitianPengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.