Pengembangan Media Pembelajaran KOFI (Komik Fisika) Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Dwi Husnul Khotimah

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat penunjang untuk pembelajaran yang perlu dikembangkan agar dapat meningkatkan kreativitas siswa. Tujuan dari penlitian ini adalah 1) menghasilkan media pembelajaran berupa komik fisika yang berbasis permainan tradisional, dan 2) mengetahui kualitas media pembelajaran berupa komik fisika yang berbasis permainan tradisional. Peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan 4-D (define, design, developdan disseminate). Sumber data diperoleh dengan survei, observasi, instrumen uji kelayakan, dan wawancara. Metode ini menggunakan sampel penelitian satu kelas dari 9 total kelas VIII. Hasil observasi menunjukkan nilai rata-rata Ujian Tengah Semester (UTS) kelas VIII, yaitu 62 dengan KKM 75 yang berarti rendah. Hasil dari instrumen uji kelayakan menunjukkan bahwa diperoleh skor rata-rata dari ahli materi sebesar 86,67% (layak) dan skor rata-rata ahli media sebesar 79,7% (layak). Nilai rata-rata dari pre-test siswa sebesar 65,63 dan nilai rata-rata post-test sebesar 80,42. Hasil inimenunjukkan bahwa kreativitas siswa meningkat. Berdasarkan uji kelayakan dan hasil tes tersebut KOFI (Komik Fisika) yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

dwi.huss@yahoo.com

Keywords


Fisika, Permainan Tradisional, Kreativitas Siswa

Full Text:

PDF

References


Handayani,P. (2017). Pengembangan Kreatifitas Keberbakatan Di Paud Griya Bermain Pangkalpinang Bangka. Pendidikan Anak, 3(1).

Hapidin,& Yenina. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Pendikan Usia Dini, 10 Edisi 2, 201–212.

Mahfud. (n.d.). Berpikir Dalam Belajar; Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik, 1(1), 1–26.

Nasution, S. (2012). Metode Konvensional Dan Inkonvensional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, XII(2), 259–271.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Materi Gaya, 1(1), 11–18.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.