Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa

Crisna Welya Putri

Abstract


Pembelajaran yang kurang melibatkan peran aktif siswa dan terbatasnya media permainan yang digunakan megakibatkan aktivitas belajar siswa rendah. Pengembangan media pembelajaran puzzle dipandang cocok untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode pengembangan media pembelajaran puzzle menggunakan model 4-D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develope (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Desain uji coba produk pengembangan dalam penelitian yaitu validasi ahli dan uji kelas terbatas. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar uji kelayakan dari para ahli, angket respon, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitan menunjukkan bahwa media pembelajaran puzzle layak digunakan dengan hasil uji kelayakan produk sebesar 77,94%, sedangkan respon siswa terhadap media pembelajaran diperoleh sebesar 80,80% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran puzzle efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata N-Gain peningkatan sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi.


Keywords


Media Pembelajaran, Puzzle, Aktivitas

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Husna, N., Sari, S. A., & Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal PendidikanFisika, 66-71.

Lutviani, U. (2016). Pengembangan Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Indonesia Masa Islam Kelas X IIS SMAN 3 Bojonegoro. AVATARA, e-JournalPendidikan Sejarah, Volume 4, No 2.

Purwantoko,R., Susilo, & Sutikno. (2010). Keefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Puzzle terhadap Pemahaman IPA Pokok Bahasan Kalor Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 123-127.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D). Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Matematika dalam PembelajaranMatematika. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.