Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma

Tria Nanditasari, Purwandari Purwandari

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Geger dengan sampel sebanyak 33 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisa data yang dipakai adalah teknik analisa data infersial. Pengambilan data dilakukan dengan memakai dua jenis instrumen, yakni kuesioner kecerdasan emosional dalam bentuk skala likert yang terdiri dari motivasi diri, keterampilan sosial, kesadaran diri dan pengaturan diri, kuesioner lingkungan belajar dalam bentuk skala likert dan dokumentasi berupa nilai raport siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 1) tidak ada pengaruh & signifikan lingkungan belajar terhadap

 

hasil belajar fisika siswa

sebesar -1,080 <

sebesar 4,26; 2) tidak ada

dampak & singnifikan  kecerdasan  emosional terhadap hasil belajar fisika siswa, yang

dibuktikan dengan

sebesar -0,791 <

sebesar 2,201; 3) tidak ada dampak

    

 

kecerdasan emosional dan lingkungan belajar secara simultan terhadap hasil belajar

 

fisika siswa dibuktikan dengan                       sebesar 0.971 <                   sebesar    4,26. Besar

 

pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika sebesar 17,9%.

Keywords


Emosional, Lingkungan Belajar, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21, Kritik MI,EI,SQ, AQ & SuccessfulIntellegensi Atas IQ. Alfabeta.

Golleman, D (2003). Emotional Intellegensi. Alih Bahasa, T. Hermarya. Cetakan XIII.

Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Smith, S.V. (2011). Integrate neuroscience into work-based learning program:designing programs based on scientific theory. Development and Learning in Organizations: An International Journal. Vol. 25 Iss 5. Pp. 13-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.