Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dengan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Minat Belajar Siswa

Fitria Dwi Romantika, Jeffry Handhika

Abstract


Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru dengan model pembelajaran StudentTeamsAchievementDivisions (STAD) terhadap minat belajar siswa kelas X B di SMK Gamaliel Madiun serta mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya mengajar guru dengan model pembelajaran STAD terhadap minat belajar siswa. Dalam variasi gaya mengajar menyebabkan kurangnya minat belajar terhadap pelajaran fisika. Dengan tingginya minat belajar siswa sangat bergantung pada gaya mengajar guru. Pada permasalahan diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah : bagaimana pengaruh gaya mengajar guru dengan model pembelajaran STAD terhadap minat belajar siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan gaya mengajar guru fisika di SMK Gamaliel Madiun dikategorikan cukup bagus, hal ini terlihat dari proses pembelajaran berdasarkan jawaban hasil dari angket yang diterima oleh siswa. Dan guru harus mampu menerapkan strategi pengajaran yang lain agar dapat mengetahui perbedaan kemampuaan siswa itu sendiri seperti, latar belakang dan sikap. Jadi sebanyak apapun muridnya tidaklah masalah jika terdapat strategi dalam pengajaran. Dalam lemahnya minat belajar siswa sangatlah rugi karena minat tidaklah bawaan dari lahir melainkan rasa bangkit dari keingintahuan, minat muncul karena spontanitas darisiswa itu sendiri. Dengan nama lain, sedikitnya variasi gaya mengajar guru dapat mengakibatkan lemahnya minat belajar siswa sebab minat belajar siswa itu bergantung pada gaya mengajar guru dan membangkitkan rasa keingintahuan yang besar dari pelajaran yang diketahui

Keywords


Gaya Mengajar Guru, STAD, Minat Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.