Penerapan Model Pembelajaran CTL Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Pada Mater Lensa Dan Optik Siswa SMAN

Graham Giri Mahendra, Purwandari Purwandari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa di dalam pembelajaran fisika di kelas XI SMAN 1 Jiwan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika di kelas XI, penyebab rendahnya hasil belajar ini dikarenakan pendekatan pembelajaran yang konvensional dan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centre). Dalam aktivitas belajar, siswa diarahkan untuk mengingat informasi tanpa memaknai informasi yang didapatkan sehingga siswa mudah lupa dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya. Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka dilaksanakanlah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada materi lensa dan optik kelas XI di SMAN 1 Jiwan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian, untuk data kualitatif melalui pengamatan aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran guru melalui lembar observasi dan untuk data kuantitatif melalui penilaian hasil belajar siswa yakni melaksanakan ulangan formatif disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa pada tiap siklus. Peningkatan nilai rata-rata persentase aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I, rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 60,04% dan nilai rata-rata hasil belajar 57,11 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 11 orang (26,19%). Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 89,00% dan nilai rata-rata hasil belajar 70,12 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 18 orang (65,00%). Pada siklus III meningkat menjadi 91,00% dan nilai rata-rata hasil belajar 77,07 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 29 orang (82,35%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran guided inqiury dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa di kelas XI SMAN 1 Jiwan.

Keywords


Aktivitas belajar, prestasi belajar, model pembelajaran CTL ( ContextualTeaching and Learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.