Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMP

Tri Widyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran NumberedHead Together (NHT) dan tipe Talking Stick terhadap hasil belajar fisika. Modelpenelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji-t sebagai uji beda karena data yang dihasilkan normal dan homogen. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan kelas eksperimen I berjumlah 25 siswa dengan tipe NHT dan kelas eksperimen II berjumlah 28 siswa dengan tipe TalkingStick. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda berjumlah 25butir. Hasil penelitian untuk kelas eksperimen I dengan tipe NHT, siswa mendapatkan nilai rata - rata 73,12 dan kelas eksperimen II dengan tipe Talking Stick, siswa mendapatkan nilai rata-rata 52,5357. Dengan nilai ini menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran TalkingStick terhadap hasil belajar fisika siswa

Keywords


: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), TalkingStick

Full Text:

PDF

References


Arends, I. Richard. (2008). Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Arifin, Zaenal. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Solo: UNS Press.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Isma agung nurdiansyah. 2016. Rantaiguru.blogspot.com/2016/05/pengertian-dan-langkah-langkah–model-pembelajaran-talking-stick-html?m=#.W0c-kinZFil.diakses pada tanggal 12 juli 2018 .

Jurnalbidandiah.2014.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-talking-stick.html?m=1. diakses pada tanggal 12 juli 2018.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono,Agus. (2009). Cooperative Learning TEORI & APLIKASIPAIKEM..Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.