Analisis Awal Kemampuan Berpikir Nalar Siswa SMK Terhadap Mata Pelajaran Fisika untuk Pengembangan Media Pembelajaran

Ade Fitriazizah

Abstract


Kemampuan Berpikir nalar dibutuhkan oleh siswa SMK dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja,karena dalam persaingan dunia kerja dibutuhkan keterampilan berpikir dan berteknologi, dimana kemampuan berpikir nalar direkomendasikan dalam mempersiapkan diri menghadapi persaingan dunia kerja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis kemampuan awal siswa SMK dalam berpikir nalar. Hasil analisis nanti akan digunakan untuk pengembangan media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir nalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Data analisis kemampuan awal siswa ini diperoleh dari soal tes pilihan ganda berbasis kemampuan berpikir nalar yang diujikan kepada 11 siswa secara acak. Berdasarkan analisis kemampuan awal diperoleh persentase rendah 24,5%. Sehingga diperlukan peningkatan kemampuan siswa dalam berpikir nalar dengan pengembangan media pembelajaran.


Keywords


:Berpikir nalar , media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Dike Nynoke, F. Y. (2015). Aanalisis Karakteristik Kemampuan Penalaran Peserta didik Pada Pembelajaran Fisika SMA Sebagai Tahap Investigasi Awal Untuk Pengembangan Assesmen Penalaran. Seminar Nasional Pembelajaran Fisika (p. 319). Padang: FPMIPA UNP.

Tutut Safitri, T. M. (2018). Analisis Reasoning Skill Siswa SMK Dalam Investigasi Pengembangan Sistem Hybrid Learning. Prosiding Semanar Nasional Quantum (pp. 266-267). Yogjakarta: Pendidikan Fisika UAD.

winarti, c. w. (2015). analyzing skill dan reasoning skill siswa madrasah aliyah di kota yogjakarta. seminar nasional pendidikan sains (p. 210). surakarta: magister pendidikan sains dan doktor pendidikan ipa fkip UNS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.