Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Listrik Dinamis

Tanti Windiarti

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif siswa khususnya siswa SMK kelas X pada materi listrik dinamis. Berfikir kreatif dimana bentuk pemikiran dengan banyak jawaban dan ide baru dalam menyelesaikan satu permasalahan. Dalam penelitian ini motode yang digunakan adalah deskrptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan soal tes berupa soal essay yang terdapat 6 butir soal dalam materi listrik dinamis yang diajukan kepada 15 siswa kelas X secara acak di SMK Gamaliel Madiun. Dari hasil analisis akan digunakan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa kelas X pada materi listrik dinamis. Berdasarkan hasil implementasi analisis kemampuan awal siswa diperoleh 80% siswa masih berkategori rendah atau kurang kreatif dan 20% siswa berkategori sedang atau kreatif. Sehingga masih diperlukan peningkatan lagi mengenai kemampuan siswa dalam berfikir kreatif.

Keywords


berfikir kreatif, listrik dinamis

Full Text:

PDF

References


Asri Sudaryanti, S. S., 2017. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma/Ma. Jurnal Inkuiri, Volume 6, p. 14.

Asrori, M. A. d. M., 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Eko Putro W, 2012. Teknik Penyusunan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Munandar, S. U., 1987. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta

: PT. Gramedia.

Supermen, D. N. H., 2015. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, Volume 3, p. 6.

Supriadi, D., 2001. Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan IPTEK. Bandung:

Alfabeta.

Trianto, 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme.

Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yadi Nurhayadi, d., 2009. Panduan Belajar dan Evaluasi. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.