Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Usaha Untuk MeningkatkanHasilBelajarSiswaSmp

Tia Usi Anita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa pada materi usaha khususnya untuk siswa SMP sehingga hasil belajar siswa meningkat. Belajar adalah kegiatan untuk mecapai perubahan tingkah laku, sikap, dan ketrampilan siswa. Hasil belajar siswa adalah apresisasi, laporan dari kegiatan belajar. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian analisis komparatif (tahap perbandingan, memadukan kategori, membatasi lingkup, menulis teori dan menganalisis). Pengujian instrumen dilakukan melalui dua tahap yaitu validasi ahli dan empiris. Validasi ahli dilakukan oleh dua orang yang terdiri dari satu orang dosen ahli fisika dan satu guru fisika. Sedangkan validasi empiris melibatkan dua puluh siswa SMP. Berdasarkan hasil implementasi analisis instrumen hasil belajar sebanyak lima butir soal dinyatakan valid. Instrumen ini mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 90,25% berkategori tinggi dengan daya pembeda soal ada dua jenis soal pembeda. Sedangkan untuk tingkat kesulitan sejumlah tiga soal berkategori rendah dan dua soal berkategori sulit. Menganalisis instrumen hasil belajar ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa SMP.


Keywords


Hasil belajar, Belajar,Materi Usaha.

Full Text:

PDF

References


Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta:Kepel Press.

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.