Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Phased Book Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Magetan

Firdiani Firdiani, Jeffry Handhika

Abstract


Pada penelitian kali ini hasil observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Magetan masih sangat berada di bawah rata-rata. Hal ini disebabkan karena motivasi siswa untuk belajar fisika sangat rendah. Pengukuran hasil belajar melalui tes diperoleh data bahwa dari 10 koresponden siswa hanya 1 siswa yang memiliki nilai rata-rata, sedangkan yang lain berada dibawah rata-rata. Hal itu disebabkan karena kurangya sumber belajar yang diterima siswa. Dengan tolak ukur kebutuhan media pembelajran terhadap siswa yang kemudian disediakan berupa angket. Dari hasil angket tersebut sejumlah 70% siswa membutuhkan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar.

 

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Magetan dengan subyek penelitian 10 orang dengan sample tingkat rangking yang berbeda yaitu atas, sedang dan rendah. Pada penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus antara lain: tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan observasi dan tahapan evaluasi. Yang bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Dengan memberikan solusi media pembelajaran Phased Book, untuk membantu siswa dalam belajar sehingga siswa dapat memahami materi belajar yang relatif sulit dimengerti

Keywords


motivasi belajar, phased book, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Siti Saira, J. S., 2015. Pengebangan Buku Ajar Ipa Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaKelas VII SMPN 20 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. KONSTAN: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, Volume 1 No 1, pp. 1-9.

Yardi, 2015. UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XI. Jurnal EducatioJurnal Pendidikan Indonesia, Volume 1 No 1, pp. 53-67

Arikunto, S., 2007. Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmah, Z., 2008. Analisis Soal Secara Manual. Jakarta: Puspendik.

Ridwan Abdullah Sani, S., 2017. Penelitian Tindakan Kelas: Pengembangan Proesi

Guru. Tangerang: Tira Smart.

Purwanto, N., 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Antoro,W.D.(2011). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika DenganMenggunakan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik Dikelas VIII F SMP Negeri 1 Sukomoro Magetan. Disertasi. Ikip PGRI Madiun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.