Analisis karakteristik instrumen tes literasi sains berbasis ethnophysics pada materi pokok Dinamika Rotasi danKeseimbangan

Linda Novitasari

Abstract


Kualitas instrumen tes sangat berpengaruh terhadap nilai usabilitasnya. Diperlukan analisis karakteristik secara mendalam untuk menjamin suatu instrumen tes berkualitas dan dapat digunakan. Melalui penelitian ini dilakukan analisis terhadap kualitas instrumen tes literasi sains berbasis ethnophysics yang dikembangkan pada materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda instrumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan telaah ahli melalui teknik panel. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menghitung koefisien validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes literasi sains berbasis ethnophysics layak digunakan menurut penelaah dengan validitas logis pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa masing-masing sebesar 96%, 92%, dan 99%, serta nilai CVI sebesar 0,91 dengan interpretasi sangat valid. Adapun hasil analisis berdasarkan uji coba diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,85 pada uji terbatas dan 0,83 pada uji skala luas dan seluruh butir memiliki ℎ        > sehingga dinyatakan valid. Hasil analisis butir soal menunjukkan bahwa 7 butir tes memiliki tingkat kesukaran sedang dengan daya beda baik. Hasil analisis karakteristik tersebut menunjukkan bahwa instrumen tes literasi sains berbasis ethnophysics berkualitas dengan karakteristik baik.

Keywords


instrumen tes; literasi sains;ethnophysics

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2016).Evaluasi Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Indrawati, M. D., & Sunarti, T. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Fisika Peserta Didik pada Bahasan Gelombang Bunyi di SMA Negeri 1 Gedangan

Sidoarjo, 07(01), 14–20.

Rusilowati, A., Nugroho, S. E., M, S. E. S., Mustika, T., Harfiyani, N., & Prabowo, H. T. (2018). The development of scientific literacy assessment to measure student ’ s scientific literacy skills in energy theme The development of scientific literacy assessment to measure student ’ s scientific literacy skills in energy theme. IOPConf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 983. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012046

Salamah, P. N., Rusilowati, A., & Sarwi. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Materi Tata Surya untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP, 6(3).

Susetyo, B. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil BelajarBidang Kognitif. Bandung: Refika Aditama.

Syamsiah, S., Puspitawati, R. P., & Widodo, W. (2016). Kualitas Instrumen Penilaian Literasi Sains Siswa Kelas VII pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. JurnalPendidikan, 1(1), 1–5.

Uno, H. B., & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Zainab, Wati, M., & Miriam, S. (2017). Pengembangan Instrumen Kognitif Literasi Sains

Pada Pokok Bahasan Tekanan di Kelas VIII SMP Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Fisika, 1(3). Retrieved fromhttps://media.neliti.com/media/publications/227089-pengembangan-instrumen-kognitif-literasi-6d0f2ae0.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.