Kemampuan Calon Guru Fisika dalam Penguasan TIK dan Media Pembelajaran berbasis ICT di Era Revolusi Industri 4.0

Andista Candra Yusro

Abstract


Kemampuan akademik, kemampuan pedagogic, kemampuan social dan kemampuan professional merupakan kemampuan pokok yang wajib dimiliki seorang guru. Guru fisika pada khususnya dalam rangka meningkatkan kemampuan professional diharapkan mampu menguasi TIK dan Media Pembelajaran berbasis ICT. Penguasaan TIK dan media ICT diharapkan mampu menunjang peran, tanggung jawab guru dalam melaksanakan pendidikan khususnya dalam mendidik generasi milenial di era revolusi industry 4.0. Pembelajaran berbasis TIK yang ditawarkan adalah pembelejaran dengan model blended learning dengan memanfaatkan LMS Schology, moodle dan Edmodo. Media pembelajaran berbasis ICT yang diharapkan mampu dikuasai oleh calon guru fisika yakni media pembelajaran berbasis adruino. Calon guru fisika yang mampu menguasai TIK dan ICT diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja serta diharapkan mampu mengimbangi pesatnya kemajuan yang dimiliki oleh generasi milenial.


Keywords


Calon Guru Fisika; TIK; Media Pembelajaran; Revolusi Industri 4.0; Blended Learning; Adruino

Full Text:

PDF

References


Amiroh, A. (2013). Antara Moodle, Edmodo dan Schoology – Media Belajar IT Siswa dan Guru. Retrieved July 23, 2018, from http://amiroh.web.id/antara-moodle-edmodo-dan-schoology/

Drigas, A., & Kontopoulou, M.-T. L. (2016). ICTs based Physics Learning. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 6(3), 53. https://doi.org/10.3991/ijep.v6i3.5899

Efendi, A. (2017). E-learning berbasis schoology dan edmodo: ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(17), 49– 57.

Kantu, S., & Siswandini, R. (2016). Blended learning. Oxford Bibliographies in Education, 141– 152. https://doi.org/10.1093/elt/ccq043

Kirstein, J., & Nordmeier, V. (2007). Multimedia representation of experiments in physics. European Journal of Physics, 28(3). https://doi.org/10.1088/0143-0807/28/3/S11

Lee, Y.-J. (2010). Developing a Mobile Physics Learning Environment Based on Physics Misconception Research and e-Learning Design Principles. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 29, 399–

Retrieved from http://www.editlib.org/p/34059

Mafudi, I., & Handhika, J. (2018). Profil analisis kebutuhan pengembangan media praktikum gerak lurus untuk meningkatkan keterampilan proses sains. In Seminar Nasional Quantum (Vol. 25, pp. 223–227). Universitas Ahmad Dahlan.

Muchlis, F., & Toifur, M. (2017). Rancang Bangun Prototype Media Pembelajaran Fisika Berbasis Micro Controller NodeMCU, 4(1), 12–17.

Permana, A. H., Muliyati, D., & Nurachman, D. (2016). DATA LOGGER SENSOR SUHU DS18B20 MENGGUNAKAN DENGAN ANTARMUKA PYTHON manusia mengenai teknologi tinggi sebagai kebutuhan akan semakin meningkat pula . Dari perkembangan kompleks tersebut , tentu akan bermunculan teknologi – keterbatasan ruang dan waktu den. In Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. Universitas Padjadjaran.

Pratama, H., & Yusro, A. C. (2016). IMPLEMENTASI WhatsApp MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 65–69.

Pratiwi, U. (2014). JPSE : Kontrol Suhu Berbasis Arduino dengan Interface Matlab Sebagai Alat Bantu Praktikum Fisika Dasar, 14–25.

Sandi, G. (2005). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 241– 251.

Sarabando, C., Cravino, J. P., & Soares, A. A. (2014). Contribution of a Computer Simulation to Students’ Learning of the Physics Concepts of Weight and Mass. Procedia Technology, 13, 112–121. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2014.02.015

Sulisworo, D., & Agustin, S. P. (2017). Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indoneia Universitas Ahmad Dahlan, 9, 1–7.

Susilawati, S., Doyan, A., Sutrio, S., Kosim, K., & Taufik, M. (2018). DESIMINASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK PENGUATAN KONSEP IPA GURU-GURU SMP SE-NTB. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27– 33.

Teikari, P., Najjar, R. P., Malkki, H., Knoblauch, K., Dumortier, D., Gronfier, C., & Cooper, H. M. (2012). An inexpensive Arduino-based LED stimulator system for vision research. Journal of Neuroscience Methods, 211(2), 227–236. https://doi.org/10.1016/j.jneumeth.2012.09.012

Triyono, M. B. (2015). The Indicators of Instructional Design for E- learning in Indonesian Vocational High Schools. Procedia - Social and Behavioral

Sciences, 204(November 2014), 54–61. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.109

Usman, M. B., & Asnawir, H. (2002). Media pembelajaran. Ciputat Pers. Retrieved

from

https://books.google.co.id/books?id=Y9VcOAAACAAJ&dq=Basyiruddin+Usman,+

Asnaw

ir,+Media+Pembelajaran+(Jakarta:Ciputat+Pers,Juni+2002),1&hl=id&sa=X&ved=

ahUKE wjlg4zWpbTcAhWVdt4KHWLlD6wQ6AEIMDAB

Wee, L. K. (2012). Learning Physics using Open Source Physics Java Applets . Retrieved from http://weelookang.blogspot.sg/2012/03/edulabast-learning-journey-for-ictlt.html

Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 1. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.58


Refbacks

  • There are currently no refbacks.