Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis OASIS untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa

Saristi Widiyaningrum, Jeffry Handhika, Farida Huriawati, Mislan Sasono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan modul berbasis OASIS (Orientation, Analisyze, Synthesis, Investigation, dan Synergy) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Modul yang dikembangkan berfokus meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain analisis Kompetensi Dasar (KD) dengan penekanan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan kajian literatur untuk mendukung penelitian. Dalam penelitian ini tahapan yang dilakukan dibatasi pada tahapan analisis, yaitu analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan modul pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan HOTS penilian ini memberikan rekomendasi bahwa modul yang dikembangkan terintegrasi dengan teknologi dan merepresentasikan langkah-langkah dalam pembelajaran OASIS.

 


Keywords


Higher Order Thinking Skill; OASIS; Modul

Full Text:

PDF

References


Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Khaulani, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar terkait Standar Isi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 121–127. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.112

Lestari, P. W., Handhika, J., & Yusro, A. C. (2022). Application of the OASIS Learning Model to Improve Students Scientific Literacy. SNPF (Seminar Nasional …, 1–8. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/2578%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/viewFile/2578/1929

Nikat, R. F., Loupatty, M., & Zahroh, S. H. (2021). Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 45. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1449

Studi, P., Fisika, P., Madiun, U. P., Dalam, P. P., Handhika, J., & Yusro, A. C. (2020). Makalah Pendamping ISSN : 2527-6670 Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis OASIS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. 1–5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.