Pengembangan Soal Test Berpikir Kritis Pada Materi Pengukuran Siswa SMA Kelas X

Elvyne Nisgita Ardelianda, Tantri Mayasari

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan soal test berpikir kritis pada materi pengukuran siswa SMA adalah untuk mengembangkan pola berpikir kritis pada soal dengan kriteria LOT, MOT, HOT. Pendidikan adalah hal terpenting pada zaman modern saat ini, pendidikan yang baik adalah dimana siswa siswinya mampu untuk berpikir secara kritis. Pendidikan masa kini identik dengan kemajuan tehnologi yang sangat pesat mulai dari beragam buku bacaan dan internet yang tersedia. Pengaruh berpikir kritis dalam pembelajaran fisika terutama pada meteri pengukuran sangatlah penting karena mampu untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk mengerjakan berbagai macam materi yang ada seperti (pengukuran fisika, besaran dan satuan, dimensi, alat ukur, angka penting, notasi ilmiah dalam pengukuran, ketidakpastian pengukuran berulang). Di era sekarang juga, merupakan masa peralihan dimana covid-19 yang telah usai dengan sebutan masa endemi. Ditinjau dari artikel-artikel jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) terutama pada materi pengukuran masih kurangnya tingkat kemampuan belajar siswa terutama pada kemampuan mengerjakan soal-soal sehinggamenyebabkan tingkat berpikir kritis itu sendiri sangat rendah. Oleh karena itu perlunya peningkatan pemahaman dari guru ataupun warga sekolah melalui learning socialization bahwa sangat penting sekali bagi kebutuhan berpikir kritis siswa-siswi.

Keywords


Berpikir kritis; Kemampuan belajar

Full Text:

PDF

References


Anggia, R. P.,, Muslim.,, & Iyon, S.,. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS. Universitas Pendidikan Indonesia.

Darmawan, I. .P. A.,, & Edy, S.,. (2013). REVISI TAKSONOMI PEMBELAJARAN BENYAMIN S. BLOOM. FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Khotimah, K., Nyeneng, I. D. P., & Sesunan, F. (2017). PENGARUH BERPIKIR KRISTIS DAN RESPON BAHAN AJAR MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR. FKIP Universitas Lampung.

Lina, Y.,, & Titin, S. (2020). 2020. PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, BERPIKIR KREATIF, DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GERAK LURUS PADA PESERTA DIDIK, 79.

Rizki, P.,, & Disman. (2017). EFFECT PROBLEM BASED LEARNING TO CRITICAL THINGKING SKILLS ELEMENTARY SCHOOL IN SOCIAL STUDIES. University of Indonesia Education.

Sban, D. S. P.,, Parno.,, & Supriyono, K. H.,. (2017). PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI OPTIK GEOMETRI UNTUK MAHASISWA FISIKA. Universitas Negeri Malang.

Syifa, N.,, Parlindungan, S.,, & Agus, J.,. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kpgnitif dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.