Penelitian Pendahuluan Modul Interaktif Berbasis Inkuiri Berbantuan IT Terkait Pemahaman Konsep Siswa

Septian Ayu Permata Sari, Jeffry Handhika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah merancang media ajar berupa modul interaktif berbasis inkuiri berbantuan IT yang dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi kesulitan terkait pemahaman konsep. Dalam pembuatan media ajar ini, didasari oleh kurangnya modul pembelajaran yang beragam sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar, metode dan model yang digunakan kurang fleksibel dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Pengembangan ADDIE digunakan sebagai proses pengembangan untuk menghasilkan produk yang diharapkan, yang terdiri dari lima tahapan yaitu; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada penelitian ini tahap yang dilakukan dibatasi pada tahap analisis, yaitu analisis kebutuhan melalui kajian literatur dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan desain modul perlu menjadi pertimbangan dalam mengembangkan modul hasil desain yang akan diintegrasikan dengan modul interaktif berbasis inkuiri berbantuan IT yang dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya.


Keywords


Modul interaktif berbasis IT; Pemahaman konsep; Inkuiri

Full Text:

PDF

References


Angel , P., Arya, P. D., Aulia, S. G., Ahmad, F., & Febri, A. I. (2023). Analisi Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol.3 No.1, 60.

Denanda Brigenta, J. M. (2017). Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 1.

Fhina Haryanti, B. (2016). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SEGITIGA. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1 No.2.

Gede Bandem Samudra, I. K. (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha., Vol. 4.

Grombyanghitam. (21 de 11 de 2015). Menciptakan lingkungan belajar yang baik. Fonte: Unnes.ac.id: https://blog.unnes.ac.id/grombyanghitam/2015/11/21/menciptakan-lingkungan-belajar-yang-baik-1/

Kemendikbud. (2016). Fonte: LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://sma.kemdikbud.go.id/data/files/Permendikbud%20Nomor%2024%20Tahun%202016%20Lampiran%201.pdf

Kemendikbud. (21 de April de 2022). Konsep dan Komponen Modul Ajar. Fonte: https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/perangkat-ajar/konsep-komponen-modul-ajar/

M.Hasanah, H. B. (2022). Perancangan Media Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 6, No.2.

Mery Andriani, M. C. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, Vol.7 No.1.

NURUL, H. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Jenjang Sekolah Menengah Atas. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT.

Puspasari, R, S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Vol.3, 137-152.

Rizky Nafaida, A. S. (2015). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBIASAN CAHAYA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.03 No. 01.

Sinta Febriyana, M. F. (2021). PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI TATA SURYA. Jurnal Natural Science Educational Research, 62.

Ulpi Saharsa, M. B. (2018). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO BASED LABORATORY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.6 No.2.

Yulisa, L. L. (2020). PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 1 No.1 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.