Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Edpuzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kinematika

Sukma Ayu Aprillia Denata, Jeffry Handhika, Mislan Sasono, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian Research and Development (R&D)  yang bertujuan untuk mengembangkan suatu desain media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa . Tahap penelitian pada saat ini adalah penelitian pendahuluan, di mana peneliti merancang desain model Edpuzzle yang kemudian akan digunakan dalam penelitian lanjutan. Penelitian ini melakukan analisis kebutuhan dan kajian literatur. Analisis kebutuhan dilakukan untuk memahami kebutuhan penggunaan media pembelajaran elektronik dalam memfasilitasi pemahaman konsep kinematika bagi siswa. Kajian literatur dilakukan untuk megumpulkan informasi yang relevan mengenai penggunaan media pembelajaran elektronik. Hasil penelitian ini diharapakan bisa menjadi dasar bagi pengembangan modul pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Keywords


Edpuzzle; Kinematika; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching And Learning) Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta'aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 80-88.

Amaliah. (2020). IMPLEMENTATION OF EDPUZZLE TO IMPROVE STUDENTS’ ANALYTICAL THINKING SKILL IN NARRATIVE TEXT . Prosiding : Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1, 35-44.

Arif, A., & Mukhaiyar, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrikdi SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 114-119.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) MODEL IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 28-37.

Jalal, M. A., Maison, Krniawan, D. A., Amin, M. A., & Hariono. (2022). Analisis Deskripsi Capaian Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI . Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika , 337-347.

Jalaluddin, M. I., Djudin, T., & Mahmuda, D. (2019). ANALISIS KESALAHAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KINEMATIKA GERAK LURUS DI SMKN 1 SINTANG . Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa , 1-8.

Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Computer and Information Technology, 68-75.

Larisa, L., Rakoski, M. C., & Forigo, F. M. (2021). Alat Digital untuk Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Bage-Brazil: Faith.

Magfira, A., Kamaluddin, & Darsikin. (2021). Kesalahan Siswa dalam Memahami Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Kreatif Online, 57-65.

Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X . Jurnal Kumparan Fisika, 1-10.

Muzana, S. R., & Astuti, D. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA INTI PADA SISWA SMA . SEMDI UNAYA, 409-417.

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H., & Ali , M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PhET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. Jurnal Pendidikan FIsika Universitas MUhammadiyah Metro, 95-103.

Sakti, I. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP ITTIHAD MAKASSAR . PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya , 49-54.

Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. (2017). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP VEKTOR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS . Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 159-168.

Shabrina, A., & Diani, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course Dengan Model Inkuiri Terbimbing. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 9-26.

Sugiyono. (2013). E-Book Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Elibrary Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Griya Husada Surabaya.

Sulistyawati, W., Wahyudi, W., & Trinuryono, S. (2022). ANALISIS (DESKRIPTIF KUANTITATIF) MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID19. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 68-73.

Sutrisno, A. D. (2019). Survey Pemahaman Konsep dan identifikasi miskonsepsi Siswa SMA pada materi Kinematika Gerak. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 106-112.

Ware, E. (2021). Edpuzzle. Journal of the Medical Library Association, 349.

Wiadnyana, I. A., Erawati, N. K., Kezia, F., & Apriliani, K. (2022). Pembelajaran Menyenangkan dengan Edpuzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Emasains; Jurnal Edukasi Matematika dan Sains , 1-7.

Yulisa, Hakim, L., & Lia, L. (2020). PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika , 37-44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.