Pengembangan Instrumen Soal Tes Hasil Belajar Berorientasi HOTS Pada Materi Usaha dan Energi

Diffa Berliana Ratri Kumara Bakti, Tantri Mayasari, Purwandari Purwandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian tes yang akan diaplikasikan dalam mengevaluasi hasil belajar siswa yang fokus pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan model regresi ADDIE, yang merupakan model regresi terbatas pada analisis, desain, dan pengembangan yang telah diukur validitasnya. Soal yang dikembangkan dalam penelitian ini berbentuk 15 pertanyaan dalam pilihan ganda dan 2 soal esai. Validasi terhadap soal-soal dilakukan oleh 3 validator yang ahli dalam bidangnya. Validator ahli memberikan penilaian terhadap instrumen dengan mengisi lembar instrumen penilaian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan uji validitas isi menggunakan CVI. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata i-CVI untuk validasi pertanyaan secara keseluruhan yang tersusun dari 3 penilaian yaitu aspek material, aspek konstruksi, dan aspek bahasa adalah 0,78; 0,82; 0,88. Dan nilai 0,84 pada s-CVI. Berdasarkan nilai-nilai tersebut, dapat diartikan bahwa pertanyaan-pertanyaan memiliki validitas yang sangat tinggi dari segi konstruksi dan bahasa, serta validitas yang tinggi dari segi materi. Selain itu, nilai s-CVI sebesar 0,84 menunjukkan bahwa validitas pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat tinggi. dapat disimpulkan bahwa pertanyaan-pertanyaan memiliki validitas yang sangat tinggi dari segi konstruksi dan bahasa, serta validitas yang tinggi dari segi materi. Selain itu, nilai s-CVI sebesar 0,84 menunjukkan bahwa validitas pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat tinggi. dapat disimpulkan bahwa pertanyaan-pertanyaan memiliki validitas yang sangat tinggi dari segi konstruksi dan bahasa, serta validitas yang tinggi dari segi materi. Selain itu, nilai s-CVI sebesar 0,84 menunjukkan bahwa validitas pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat tinggi.


Keywords


pengembangan; tes; hasil belajar; usaha; energi

Full Text:

PDF

References


Jubaedah, D. S., Kaniawati, I., Suyana, I., Samsudin, A., & Suhendi, E. (2017). PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK BERFORMAT FOUR-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (pp. 35-40). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives, Handbook 1: Cognitive Domain 2nd edition Edition. Addison-Wesley Longman Ltd.

Cahyad, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA : Islamic Education Jurnal, 35-43.

Costa, A. L. (1985). Developing Minds: A Resource Book for Teaching. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Guilford, J. P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: Mc Graw-Hill Book Co.

Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal.

Martin, & Hartini, T. I. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 1 . Jurnal Pendidikan Fisika, 18-21.

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar beorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 94-111.

OECD. (2018). Mathematics Framework. New York : Columbia University: https://www.oecd.org/pisa.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar (Cetakan Ke-16 ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyono, M., & Jauriyah, M. (2014). Improving Student's Scientific Abilities by Using Guided Inquiry Laboratory. International Journal of Education Research and Technology, 18-23.

Susanty, F. D. (2016). ANALISIS VALIDASI SOAL TES HASIL BELAJAR PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA (P3B) UIN SUSKA RIAU. Kutubkhanah : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.

Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). ANALISIS KEMAPUAN PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA BERORIENTASI PISA DALAM KONTEN PERUBAHAN DAN HUBUNGAN PADA SISWA SMP. Varia Pendidikan, 1-7.

Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B., & Koni, S. (2014). Assessment pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliantaningrum, L., & Sunarti, T. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, BERPIKIR KREATIF, DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GERAK LURUS PADA PESERTA DIDIK SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.