Pengembangan LKPD Berbasis Guided Note Taking Dengan Berbantuan Liveworksheets

Yuyun Andika, Tantri Mayasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah LKPD yang berbasis sebagai "guided note taking" dengan menggunakan fitur bantuan Liveworksheet. Guided note taking adalah suatu metode di mana siswa diberikan panduan atau kerangka kerja yang terstruktur untuk mencatat informasi penting selama proses pembelajaran. Liveworksheet adalah platform pembelajaran online yang menyediakan berbagai alat interaktif untuk membuat dan berbagi lembar kerja digital. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Tahapan penelitian meliputi identifikasi masalah, pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan, evaluasi, analisis data, revisi, diseminasi, dan implementasi. Dalam tahap pengembangan, dilakukan integrasi antara konsep guided note taking dan platform Liveworksheet. Hasil pengembangan ini adalah metode guided note taking yang memanfaatkan fitur-fitur interaktif Liveworksheet untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi proses pencatatan informasi secara lebih efektif. Penelitian ini juga melibatkan evaluasi terhadap metode yang dikembangkan. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara dengan siswa dan guru yang menggunakan metode guided note taking dengan berbantuan Liveworksheet. Analisis data dilakukan untuk mengukur keefektifan, keefisienan, dan respons siswa terhadap metode ini. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan yang berarti untuk kemajuan pengembangan. LKPD pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif. metode guided note taking dengan penambahan berbantuan Liveworksheet dapat meningkatkan pemahaman siswa, mengoptimalkan proses pencatatan informasi, dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik. Diseminasi hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong penerapan metode ini dalam konteks pembelajaran yang lebih luas.


Keywords


guided note taking; Liveworksheet; pembelajaran interaktif; metode pembelajaran; peningkatan pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References


Ghufroni, & Dewi, M. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bermain Drama Dengan Model

Pembelajaran

Setyorini, A. I., & Saefudin, A. A. (2020). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Materi

Pola Bilangan dengan Pendekatan Scientific untuk Memfasilitasi Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 11(1), 131–140.

Trianto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. PT Prestasi Pustakaraya

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem

Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental

Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru

September, 122–130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-

%29.pdf

Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 3 No. 1, April 2020, Hal. 41-50


Refbacks

  • There are currently no refbacks.