Penelitian Pendahuluan Pembelajaran Berbasis Video terkait Keefektifan Belajar Siswa Pada Materi Momentum dan Impuls

Salsabila Nur Afani, Tantri Mayasari

Abstract


Pada tahapan penelitian ini melakukan analisis kebutuhan dan proses pengembangan kerangka konseptual guna merancang pengembangan model pembelajaran berbasis video. Desain pembelajaran ini merupakan hasil dari penelitian yang berupa produk media video untuk aktivitas pendukung pembelajaran di dalam kelas. Desain pembelajaran ini diawali oleh analisis kurikulum, kebutuhan serta konteks, rancangan media pembelajaran yang menyenangkan, sehingga menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video.


Keywords


kerangka konseptual; video; penelitian pendahuluan

Full Text:

PDF

References


Alshurman, M. 2015. Democratic education and administration. Procedia Social and Behavioral Sciences, No. 176, pp. 861- 869.

Fadhli, M. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 25-28.

Putra, H.,. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian di SMK Godean Kelas X. Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi Vol 15 (1), 11-16.

Schunk, D.H. Pintrich: R. & Meece, J.L. 2010. Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (Third Edition). New Jersey: Pearson Education.

Moore, K.D. 2009. Effective Instructional Strategis from Theory to Practice. London: Sage.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pribadi, B. A. 2017. Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Hidayat, W. A., & Harjono, N. 2019. Pengembangan bahan ajar berbasis video pembelajaran tematik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 1 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, (JMP Online), 3 (11), 1455-1458. Tersedia: https://scholar.google.co.id/scholar?hidayat+w.a+dan+harjono &btnG=#d=gs_qabs&u=% 23p%3Dvw0n3HSB_bg


Refbacks

  • There are currently no refbacks.