Studi Kepustakaan Penggunaan Media Simulasi PhET Materi Suhu dan Kalor

Arum Pursilasari, Tantri Mayasari

Abstract


Artikel ini adalah sebuah studi kepustakaan yang bertujuan untuk menganalisis penggunaan PhET Interactive Simulations pada materi suhu dan kalor. Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat penggunaan media simulasi PhET dalam pembelajaran suhu dan kalor, mengeksplorasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam mengimplementasikannya, dan mengevaluasi hasil penelitian terkait efektivitas penggunaan media simulasi ini dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dalam penelitian ini, metode studi kepustakaan digunakan dengan melakukan pencarian dan peninjauan literatur yang relevan dari sumber-sumber seperti artikel ilmiah, buku, dan laporan penelitian terkait penggunaan media simulasi PhET dalam konteks suhu dan kalor. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat penggunaan media simulasi PhET, mengidentifikasi tantangan dalam mengimplementasikannya, dan mengevaluasi hasil penelitian terkait efektivitas penggunaannya. Hasil studi kepustakaan ini menunjukkan bahwa penggunaan media simulasi PhET pada pokok bahasan suhu dan kalor memiliki manfaat yang signifikan. Keterkaitan materi dan media pembelajaran fisika menggunajan PhET Interactive Simulations dibuktikan valid dibuktikan dengan uji validitas oleh tiga ahli materi dan media. Hasil data kemudian diolah menggunakan uji validitas SPSS dan metode rumus Koofesien Validitas Aiken’s V.


Keywords


PhET; Media Simulasi; Suhu; Kalor; Pembelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., Suparman, & Suhaimi, L. (2023). Pengaruh Penggunaan

Laboratorium Virtual Berbantuan Media PhET terhadap

Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Listrik Dinamis.

Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1225-1231.

Anitasari, B., Winarti, A., & Rusmansyah. (2019). Media Simulasi PhET

(Physics Education Technology) untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa

Pada Konsep Asam Basa. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan

Sains, 10(1), 8-15.

Astalini, Darmaji, Riantoni, C., & Susanti, N. (2019). Studi

Penggunaan PhET Interactive Simulations dalam Pembelajaran

Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.

Fathurohman, C., Ruhyat, Y., & Septiyanto, R. F. (2018). Penerapan

Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Siswa Pada Materi Fluida. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan

Fisika Untirta, (hal. 64-70).

Ferdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). STUDI

PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DALAM PEMBELAJARAN

FISIKA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF), 1(2), 40-42.

Fithriani, S. L., Halim, A., & Khladun, I. (2016). PENGGUNAAN MEDIA

SIMULASI PhET DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING

UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH.

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45-46.

Mas'ud, H., & M, M. (2022). Pemanfaatan Produk Google serta Situs

PhET (Physics Education Technology) Sebagai Media Pembelajaran

Fisika. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 170-178.

Murnilasari, Y., Widyasari, O. A., Oktaviani, R., Fitriyani, Q., &

Kusumawati, P. R. (2021). Efektivitas Pengembangan Metode

Eksperimen berbasis Laboratorium Virtual PhETdalam

Pembelajaran IPA Materi Rangkaian Listrikpada Masa Pandemi.

Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 1(1), 431-434.

Saputro, Y. A., Widyartono, M., Munoto, & Fransisca, Y. (2022). STUDI

LITERATUR: ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN

BERBASIS APLIKASI PHET TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI

SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11 (2), 213-220.

Suhardiman, Asni, N., Abrar, A. I., & Hasanah, U. (2022). Meta

Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap Hasil

Belajar dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3),

-789.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.