Studi Kepustakaan Penggunaan Media Simulasi PhET Materi Suhu dan Kalor
Abstract
Artikel ini adalah sebuah studi kepustakaan yang bertujuan untuk menganalisis penggunaan PhET Interactive Simulations pada materi suhu dan kalor. Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat penggunaan media simulasi PhET dalam pembelajaran suhu dan kalor, mengeksplorasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam mengimplementasikannya, dan mengevaluasi hasil penelitian terkait efektivitas penggunaan media simulasi ini dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dalam penelitian ini, metode studi kepustakaan digunakan dengan melakukan pencarian dan peninjauan literatur yang relevan dari sumber-sumber seperti artikel ilmiah, buku, dan laporan penelitian terkait penggunaan media simulasi PhET dalam konteks suhu dan kalor. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat penggunaan media simulasi PhET, mengidentifikasi tantangan dalam mengimplementasikannya, dan mengevaluasi hasil penelitian terkait efektivitas penggunaannya. Hasil studi kepustakaan ini menunjukkan bahwa penggunaan media simulasi PhET pada pokok bahasan suhu dan kalor memiliki manfaat yang signifikan. Keterkaitan materi dan media pembelajaran fisika menggunajan PhET Interactive Simulations dibuktikan valid dibuktikan dengan uji validitas oleh tiga ahli materi dan media. Hasil data kemudian diolah menggunakan uji validitas SPSS dan metode rumus Koofesien Validitas Aiken’s V.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, N., Suparman, & Suhaimi, L. (2023). Pengaruh Penggunaan
Laboratorium Virtual Berbantuan Media PhET terhadap
Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Listrik Dinamis.
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1225-1231.
Anitasari, B., Winarti, A., & Rusmansyah. (2019). Media Simulasi PhET
(Physics Education Technology) untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa
Pada Konsep Asam Basa. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan
Sains, 10(1), 8-15.
Astalini, Darmaji, Riantoni, C., & Susanti, N. (2019). Studi
Penggunaan PhET Interactive Simulations dalam Pembelajaran
Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.
Fathurohman, C., Ruhyat, Y., & Septiyanto, R. F. (2018). Penerapan
Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Siswa Pada Materi Fluida. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
Fisika Untirta, (hal. 64-70).
Ferdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). STUDI
PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DALAM PEMBELAJARAN
FISIKA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF), 1(2), 40-42.
Fithriani, S. L., Halim, A., & Khladun, I. (2016). PENGGUNAAN MEDIA
SIMULASI PhET DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH.
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45-46.
Mas'ud, H., & M, M. (2022). Pemanfaatan Produk Google serta Situs
PhET (Physics Education Technology) Sebagai Media Pembelajaran
Fisika. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 170-178.
Murnilasari, Y., Widyasari, O. A., Oktaviani, R., Fitriyani, Q., &
Kusumawati, P. R. (2021). Efektivitas Pengembangan Metode
Eksperimen berbasis Laboratorium Virtual PhETdalam
Pembelajaran IPA Materi Rangkaian Listrikpada Masa Pandemi.
Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 1(1), 431-434.
Saputro, Y. A., Widyartono, M., Munoto, & Fransisca, Y. (2022). STUDI
LITERATUR: ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN
BERBASIS APLIKASI PHET TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI
SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11 (2), 213-220.
Suhardiman, Asni, N., Abrar, A. I., & Hasanah, U. (2022). Meta
Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap Hasil
Belajar dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3),
-789.
Refbacks
- There are currently no refbacks.