Penelitian Pendahuluan Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Gelombang Bunyi Fisika SMA Kelas XI

Fahranizh Jatimawarni, Tantri Mayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pendahuluan dalam pengembangan media komik berbasis digital sebagai alat bantu pembelajaran dalam mata pelajaran fisika untuk siswa SMA kelas 11. Media komik berbasis digital diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika yang kompleks dengan cara yang menarik dan interaktif. Perancangan media komik berbasis digital dilakukan dengan mempertimbangkan aspek visual, narasi, dan interaktivitas. Pengembangan ini mencakup pemilihan gaya dan desain komik yang sesuai dengan konten fisika, penggunaan visualisasi grafis, serta pilihan dialog dan narasi yang mudah dipahami oleh siswa. Implementasi media komik berbasis digital dilakukan melalui uji coba terbatas pada kelompok siswa SMA kelas 11. Selama proses implementasi, dilakukan evaluasi terhadap respons dan tanggapan siswa terhadap media komik tersebut, termasuk pemahaman konsep fisika yang dihasilkan dan tingkat minat siswa terhadap pembelajaran. 

Keywords


Komik; Digital; Fisika

Full Text:

PDF

References


Ardy I, Arif R., Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika Pada Materi Himpunan Kelas Vii Smp/Mts. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2021

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242.

Dewi, Riyana. Applying Cartoon Series in Teaching Narrative Text. Journal. 9, 2013.

Hermawati, Tetty. (2015). Komik digital untuk pembelajaran yang menyenangkan. http://guraru.org/guru-berbagi/komik-digital-untuk-pembelajaran-yang menyenangkan/. Diakses pada tanggal 3 januari 2021.

Megawati, Fika., and Anugerahwati, Mirjam. Comic Strips: A Study on the Teaching of Writing Narrative Texts to Indonesia EFL Students. TEFLIN Journal. Malang: Malang State University, 2012.

Mudlaafar, K., Setiawan, E., & Al Muflih, I. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sejarah Berwaktu (Komik Ratu) Sebagai Alternatif Pembelajaran. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 62-70.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012

Wong, B., Loke, S. K., & Kang, T. (2018). Comics as facilitators for primary science learning: A cognitive load perspective. Computers & Education, 123, 12-22.

Wulan, I. S., Suprapto, P. K., & Kamil, P. M. (2020). Belajar Virus dengan Komik: Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar (Studi Eksperimen di Kelas X MAN Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 70–83. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2005

Yulianti, D., Susilo, H., & Redjeki, A. S. (2020). The effectiveness of comic media on students' understanding of physics concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1484(1), 012084


Refbacks

  • There are currently no refbacks.