Internet of Things For Physics Education Future: A Scoping Review

Tiara Rizki Annisa, Fairusy Fitria Haryani

Abstract


Kurangnya kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh sulitnya memahami mata pelajaran. Berdasarkan survei pada siswa, mata pelajaran yang paling sulit adalah fisika. Dengan membuat pelajaran fisika menjadi lebih mudah dapat mengembangkan minat siswa sehingga siswa dapat lebih cepat memahami mata pelajaran fisika. Penggunaan media pembelajaran fisika menjadi solusi masalah tersebut. Namun, media pembelajaran fisika belum banyak dikembangkan. Melihat perkembangan teknologi Internet of Things (IoT), dapat menjadi solusi untuk mempermudah dalam pengembangan media pembelajaran. Relevansi IoT yang terus meningkat mendorong banyak penelitian dalam pengembangan media pembelajaran fisika berbasis IoT. Maka dari itu, scoping review ini dilakukan untuk memetakan penelitian pengembangan media pembelajaran fisika berbasis IoT dari bulan Januari 2018 sampai Mei 2023 pada Google Scholar dan Scopus sehingga dapat membantu penelitian selanjutnya untuk memulai pengembangan media yang baru. Dari 10 penelitian yang didapatkan, hasil pembelajaran terdapat peningkatan yang cukup signifikan. Potensi media pembelajaran berbasis IoT masih sangat besar di masa yang akan datang dan bisa menjadi model pembelajaran baru untuk pendidikan fisika.


Keywords


Internet of Things; Media Pembelajaran; Fisika; Scoping Review

Full Text:

PDF

References


Adani, F., & Salsabil, S. (2019). Internet of Things: Sejarah teknologi dan penerapannya. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 14(2), 92–99.

Arksey, H., & O’Malley, L. (2005). Scoping studies: Towards a methodological framework. International Journal of Social Research Methodology: Theory and Practice, 8(1), 19–32. https://doi.org/10.1080/1364557032000119616

Asri, Y. N., & Mulyati, B. (2019). Application of Infrared Sensors to Determine Gravity Acceleration as Experimental Set of Learning Media. Jurnal Pedagogik, 06(02), 514–533.

Darniati, R. N., Hakim, Y. Al, & Sriyono, S. (2022). Perancangan Alat Ukur Induksi Magnet Pada Solenoida Berbasis Internet of Things. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1), 38–44. https://doi.org/10.37729/jips.v3i1.1126

Fauzan, M. N., Suwastika, N. A., & Jadied, E. M. (2022). Internet of Things (IoT) Based Free Fall Motion Instructions in Physics Subjects for Class X Students. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 876. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3774

Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hamzah, H., Sartika, D., & Agriawan, M. N. (2022). Development of Photoelectric Effect Learning Media based on Arduino Uno. Indones. Rev. Phys, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.12928/irip.v5i1.5830

Idntimes.com. (2023). Peringkat Sistem Pendidikan Dunia 2023, Indonesia Ranking Berapa? https://www.idntimes.com/life/education/amp/nisa-zarawaki/peringkat-pendidikan-dunia2023

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kaspersky. (2021). Kaspersky finds that 60% of students in the UAE prefer in-person education. https://me-en.kaspersky.com/about/press-releases/2021_kaspersky-finds-that-60-of-students-in-the-uae-prefer-in-person-education

Liana, Y. R., Linuwih, S., & Sulhadi, S. (2020). The Development of Thermodynamics Law Experiment Media Based on IoT: Laboratory Activities Through Science Problem Solving for Gifted Young Scientists. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(1), 51–64. https://doi.org/10.21009/1.06106

Matsun, M., Boisandi, B., Sari, I. N., Hadiati, S., & Zadrianus, M. T. (2022). Development of Arduino Uno-based real learning media for measuring density of objects. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 9(1), 25–33. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v9i1.27

Muchlis, F., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2018). Pengembangan alat peraga fisika berbasis internet of things untuk praktikum hukum newton II. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 13–20.

Nasrudin, D., Sanjaya, M. R., Setya, W., Rochman, C., Helsy, I., Mulhayatiah, D., & Suhendi, H. Y. (2021). Developing temperature and wind speed monitoring devices as a way to introduce IoT to students. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012168

Nurul, D. (2022). Analisis Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pesera Didik Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(1), 20–30.

Purwandari, P., Astuti, T., & Handhika, J. (2021). Pengembangan Media Alat Optik Berbasis IOT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK di Kota Madiun. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 433–439. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10995

Ulfa, Z., Irwandi, I., Syukri, M., Munawir, A., & Halim, A. (2021). Improving ISLE-based STEM learning outcomes for building the 21st century skills and characters through a lesson study: A case study on Torque and Moment of Inertia. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012153


Refbacks

  • There are currently no refbacks.