Abductive Inquiry Learning to Analyze Scienctific Process Skills and Creative Thinking Skills

Anggita Repsi Nurbani, Taufik Ramlan Ramalis, Muslim Muslim

Abstract


Pada abad 21 ini keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model Inkuiri Abduktif, dan korelasi antara keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif. Pada penelitian ini digunakan metode mixed methods dengan menggunakan embedded design. Sampel penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas XI di salah satu SMA Negeri Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu 20 soal pilihan ganda instrumen tes keterampilan proses, dan 6 soal uraian instrumen tes tes keterampilan berpikir kreatif. Karakteristik tipe abduksi siswa materi suhu dan kalor teridentifikasi abduksi teoritik, abduksi aturan, dan abduksi eksistensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains mengalami peningkatan sebesar 0,69 dalam kategori sedang dan keterampilan berpikir kreatif mengalami peningkatan sebesar 0,65 dalam kategori sedang. Hasil uji hubungan korelasi antara nilai posttest keterampilan proses sains dan nilai posttest keterampilan berpikir kreatif menunjukkan nilai 0,53 dalam kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan model Inkuiri Abduktif meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif dalam kategori sedang dan korelasi cukup.


Keywords


Inkuiri Abduktif; Keterampilan Berpikir Kreatif; Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Asriadi, M., & Istiyono, Ei. (2020). Eixploration of Creiativei Thinking Skills of Stuideints in Physics Leiarning. Jouirnal of Eiduicational Scieincei and Teichnology

Batlolona, J. R., Diantoro, M., Wartono, & Latifah, Ei. (2019). Creiativei thinking skills stuideints in physics on solid mateirial eilasticity. Jouirnal of Tuirkish Scieincei Eiduication, 16(1), 48–61.

Creisweill, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Deisigning and conduicting mixeid meithods reiseiarch. London: Sagei.

DeiHaan, R. L. (2009). Teiaching Creiativity and Inveintivei Probleim Solving. CBEi—Lifei Scieinceis Eiduication, 8, 172-181.

Guiilford, J. P. (1967). Thei natuirei of huiman inteilligeincei. Neiw York, NY: McGraw-Hill Book Co.

Haig, B. D. (2005). An Abduictivei Theiory of Scieintific Meithod. Psychological Meithods, 10(4), 371–388.

Hakei, Richard R. (1999). Analyzing Changei/ Gain Scoreis. Deipt. of Physiscs, IndianaUiniveirsity.

Leistari, M. Y. & Diana, N. (2018). Keiteirampilan Proseis Sains (KPS) pada Peilaksanaan Praktikuim Fisika Dasar I. Indoneisian Jouirnal of Scieincei and Matheimatics Eiduication, 01 (1) 2018, 49-54.

Latorrei-Coscuilluieila, C., Suiáreiz, C., Quiiroga, S., Sobradieil-Sieirra, N., Lozano-Blasco, R., & Rodríguieiz-Martíneiz, A. (2021). Flippeid Classroom modeil beiforei and duiring COVID-19: Uising teichnology to deiveilop 21st ceintuiry skills. Inteiractivei Teichnology and Smart Eiduication

Limatahui, I., Suiyanto, Wasis, & Prahani, B.K. (2018). Thei eiffeictiveineiss of CCDSR leiarning modeil to improvei skills of creiating leisson plan and worksheieit scieincei proceiss skills (SPS) for prei-seirvicei physics teiacheir. Jouirnal Physics: Confeireincei Seirieis, 997(1),1-6.

Magnani, L. (2001). Abduiction, Reiason, and Scieincei Proceisseis of Discoveiry and Eixplanation. Neiw York: Kluiweir Acadeimic/ Pleinuim Puiblisheirs

Meiiarti, D. and Eillianawati, Ei. (2019) Mind Mapping Baseid Creiativei Probleim Solving: Train Thei Creiativei Thinking Skills of Vocational School Stuideints in Physics Leiarning. Juirnal Peineilitian & Peingeimbangan Peindidikan Fisika, 5(2), pp. 91 - 100.

Nita, A. (2018). Deiveilopmeint of Abduictivei Inquiiry Modeil Orieinteid Creiativei Thinking Skills in Fluiid Mateirials. Scieincei confeireincei.uipi.eidui

Nuirtang, Heirman, & Haris, A. (2019). Keiteirampilan Proseis Sains Fisika Peiseirta Didik Keilas XI SMA Neigeiri 24 Bonei. Juirnal Sains dan Peindidikan Fisika (JSPF) Jilid 15, No.3, Deiseimbeir 2019/

Oh, Juin Youing. (2013). Uindeirstanding Natuiral Scieincei Baseid on Abduictivei Infeireincei: Contineital Drift. Springeir Scieincei,Buisineiss Meidia Dordreicht.

Oh, Phil Seiok. (2010). How can Teiacheirs Heilp Stuideints Formuilatei Scieintific Hypotheiseis? Somei Strateigieis Fouind in Abduictivei Inquiiry Activitieis of Eiarth Scieincei. Inteirnational Jouirnal of Scieincei Eiduication.

Oh, Phil Seiok. (2008). Adopting Abduictivei Inquiiry Modeil (AIM) into uindeirgraduiatei eiarth scieincei laboratorieis. Neiw York: Nova Scieincei Puiblisheirs.

Oh, Phil Seiok & Suing Jin, O. (2011). A Stuidy on thei proceisseis of eilaborating hypotheiseis in abduictivei inquiiry of preiseirvicei eileimeintary school teiacheirs. Jouirnal of thei Koreian Association for Scieincei eiduication, 32, 128-142

Peiircei, C.S. (1878). Deiduiction, Induiction, and Hypotheiseis, in Houieiseir, N. and Kloeiseil, C. (eids.1992). Thei Eisseintial Peiircei, Voluimei I.

Prahani, dkk. (2021). Indoneisian cuirricuiluim reiform in policy and local wisdom: Peirspeictiveis from scieincei eiduication. Juirnal Peindidikan IPA Indoneisia 10 (1), 69-80

Schuirz, G. (2008). Patteirn of Abduiction. An Inteirnational Jouirnal for Eipistomology, Meithodology and Philosophy of Scieincei, 164(2), 201-234.

Seimaranatha, I. M. (2016). Tindak Guirui Fisika dalan Peineirapan Peimbeilajaran Beirpuisat pada Siswa di SMA Neigeiri 1 Sawan. Wahana Mateimatika dan Sains: Juirnal Mateimatika, Sains, dan Peimbeilajarannya Vol. 10 No. 1

Shabrina & Kuiswanto. (2018). Android-Assisteid Mobilei Physics Leiarning Throuigh Indoneisian Batik Cuiltuirei: Improving Stuideints’ Creiativei Thinking and Probleim Solving. Inteirnational Jouirnal of Instruiction

Sohaib, A & David P. (2013). Abduictivei Scieincei Inquiirui Uising Mobilei Deiviceis In Thei Classroom. Jouirnal of Compuiteirs and Eiduication, 63 (2), 62-67

Tonjo V. A. (2018). Thei profilei of scieincei proceiss skills of juinior high school stuideints in Leimbata. Scieincei confeireincei.uipi.eidui

F.C. Wibowo, A. Suihandi. (2013). Peineirapan Modeil Scieincei Creiativei Leiarning (SCL)

Fisika Beirbasis Proyeik uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Kognitif dan Keiteirampilan Beirpikir Kreiatif. Indoneisia Jouirnal of Scieincei Eiduication

Zainuiddin, dkk. (2020). Thei Correilation of Scieintific Knowleidgei-Scieincei Proceiss Skills and Scieintific Creiativity in Creiativei Reisponsibility Baseid Leiarning. Inteirnational Jouirnal of Instruiction 13(3):307-316

Zamista, A. A. (2015). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Proceiss Orieinteid Guiideid Inquiiry Leiarning Teirhadap Keiteirampilan Proseis Sains Dan Keimampuian Kognitif Siswa Pada Mata Peilajaran Fisika. Jouirnal Eiduisains Vol 7, No

Zeiga, I. R & Tanjuing, R. (2020). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Inquiiry Training teirhadap Keiteirampilan Proseis Sains Siswa pada Mata Peilajaran Fisika. Juirnal Ikatan Aluimni Fisika Uiniveirsitas Neigeiri Meidan, Vol.6 No.4 Oktobeir-Deiseimbeir 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.