Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Model Pembelajaran Project Based Learning

arfiati ulfa utami, Hasyim As’ari

Abstract


Project based learning adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk melakukan eksplorasi dan memaksimalkan kegiatan peserta didik melalui proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap model Project based learning yang diterapkan di mata kuliah Fisika Dasar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari 50 mahasiswa yang menempuh mata kuliah Fisika Dasar di Fakultas Pertanian Universitas PGRI Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kepuasan berdasarkan pada sintaks atau langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek adalah sebagai berikut: (1) menentukan pertanyaan mendasar sebesar 50%, (2) menyusun desain perencanaan proyek sebesar 71%, (3) membuat jadwal proyek sebesar 60%, (4) memantau proyek sebesar 74%, (5) menguji hasil kinerja mahasiswa sebesar 75%, serta (6) mengevaluasi pengalaman sebesar 69%.


Keywords


tingkat kepuasan; model pembelajaran; problem based learning

Full Text:

PDF

References


Cintang, Nyai, Dewi Liesnoor Setyowati & Sri Sularti. (2018). The Obstacles and Strategy of Project Based Learning Implementation in Elementary School. Journal of Education and Learning 12 (1): 7-15

Dinda, Nadia Ulfa dkk. (2021) Analisis Langkah-langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies Volume 4 No 2 ISSN: 2656-6702

Sabbok, Mutia. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dengan Penerapan Model Project Based Learning di SD Negeri Inpres Kayobunga Semester Ganjil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.