Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Di Kelas V Sekolah Dasar

Tri Wiyoko, Reni Guswita, Rofidoh Rofidoh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA untuk siswa di kelas V SDN 113/II Rantau Keloyang.  Hasil praobservasi menunjukkan bahwa rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa di kelas V pada muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas V dengan jumlah peserta didik 24 orang terdiri 14 orang putra dan 10 orang putri. Desain penelitian Tindakan kelas terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I dengan rata-rata 58,8% meningkat menjadi 75,7% di siklus II dengan kategori baik. Selanjutya hasil belajar peserta didik di siklus I 45,83% dengan nilai rata-rata 66,25 meningkat ketuntasannya di siklus II sebesar 83,33% dengan rata-rata nilai 74,17. Jadi model inkuiri terbimbing yang diterapkan dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas V.


Keywords


Motivasi; Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing

Full Text:

PDF

References


Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi, F. (2018). The Effect Of Inquiry Model On Science Process Skills And Learning Outcomes. European Journal of Education Studies, 4(12), 6. https://doi.org/doi: 10.5281/zenodo.1344846

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Fatimah, L. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1). http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p028

Nisa, C. C., & Astriani, D. (2022). Application Of The Guided Inquiry Learning Model To Increase Student Learning Motivation. J. Pijar MIPA, 17(4), 475–479. https://doi.org/DOI: 10.29303/jpm.v17i4.3664

Rambe, Y. A., Silalahi, A., & Sudrajat, A. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning Model and Critical Thinking Skills on Learning Outcomes. Advances in Social Science, Education and Humanities ResearchProceedings of the 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2020), 5.

Saputra, Wibawa, & Suarjana. (2020). The Analysis of Guided Inquiry Learning Model Influence towards Primary School Students Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 378–387.

Trianto, T. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakrta: Bumi Aksara.

Wahida, M., Margunayasa, I. G., & Gunartha, I. W. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2). https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i2.676

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education Action Research, 5(1).

Yasmini, N. M. (2022). Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 73–80. https://dx.doi.org/10.23887/jear.v6i1.44013

Yeritia, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 181–187.s


Refbacks

  • There are currently no refbacks.